28 April 2022, 11:32 WIB

Pengamat Menilai Puan Peduli Aspirasi Emak-Emak


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Ist
 Ist
Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan kunjungan ke Pasar Jongke di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

KETUA DPR RI Puan Maharani, melakukan pengecekan harga sembako di kota kabupaten Jawa Tengah, pada 26-27 April 2022.

Tindakan Puan dinilai sebagai simbol sosok yang ingin mendengar aspirasi emak-emak soal harga sembako atau sembilan bahan pokok.

Pernyataan itu disampaikan Direktur Eksekutif Institute of Emporwerment for Indonesian Women (INDW), Indah Sri Ayu.

Indah menyebut soal harga sembako adalah persoalan riil bagi emak-emak. Saat harga sembako mahal, emak-emak pasti akan langsung terkena dampaknya karena budget belanja harian mereka membengkak.

"Sikap Puan yang melakukan pemantauan harga sembako bagi saya adalah sikap ingin mendengarkan aspirasi rakyat. Ini karena masalah ini adalah masalah yang populis bagi emak-emak," jelasnya melalui keterangan tertulis, Kamis (28/4).

Baca juga: Bela Emak-Emak, Puan ingin Harga Sembako Stabil Jelang Lebaran

Indah juga mengapresiasi sikap Puan ini. Baginya isu ketahanan ekonomi bagi ibu rumah tangga sifatnya fundamental.

Saat harga sembako naik, ini jelas akan membuat mereka jadi terdampak. Daya beli masyarakat bisa menurun dan kesejahteraan akan terganggu.

"Saya pandang positif sikap Puan yang melakukan tindakan pemantauan harga sembako. Ini adalah upaya dan usaha baik untuk suarakan aspirasi emak-emak," jelasnya.

Di sisi lain, dirinya menyebut emak - emak akan memandang positif Puan jika dirinya konsisten dalam memperjuangkan aspirasi perempuan.

Hal ini nantinya akan membawa efek elektoral dalam konteks Pilpres 2024. Jika nanti Puan maju, kata dia, emak - emak ini bisa jadi basis pendukung militan untuk Puan.

"Suara emak-emak ini ceruknya cukup besar. Mereka juga militan dalam merekomendasikan pilihan politik mereka dalam lingkup lingkungan terdekatnya," ujar dia.

Sebagai informasi, pengecekan harga tersebut merupakan bagian dari kunjungan kerja Puan Maharani selama dua hari di Jawa Tengah. 

Dalam kunjungan kerja pada 26-27 April 2022, Puan mendatangi Kota Solo, Kabupaten Karangnyar, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Sragen. Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Pasar Jongke di Kabupaten Karanganyar. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT