26 April 2022, 21:33 WIB

Respons Pengamat tentang Rhoma Irama Gabung kembali ke Golkar


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Antara/Muhammad Adimaja.
 Antara/Muhammad Adimaja.
Vokalis Soneta Group Rhoma Irama beraksi saat tampil pada acara RE:Creating di Bengkel Space SCBD, Jakarta, Senin (20/12/2021).

RAJA Dangdut Rhoma Irama kembali bergabung ke Partai Golkar. Selama Airlangga Hartarto memimpin Golkar, beberapa tokoh publik yang berpotensi sebagai pendulang suara besar kembali lagi ke partai beringin itu.

Pengamat politik Robi Nurhadi menyebutkan, sebelum Rhoma Irama, ada Yuddy Chrisnandi yang pernah menjadi Menteri PAN-RB dan Dubes RI untuk Ukraina. Belum lagi tokoh-tokoh lainnya di daerah-daerah se-Indonesia.

"Ramadhan 1443 H menjadi berkah Partai Golkar dengan kembalinya Rhoma Irama ke partai ini. Tidak mudah bagi seorang tokoh publik, masuk partai atau kembali ke partai," ujarnya, di Jakarta, Selasa (26/4). Ini menandai, imbuhnya, prestasi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai pemimpin pemersatu.

Robi menjelaskan bahwa fenomena turn back to Golkar bisa mendekatkan profil kepemimpinan Airlangga Hartarto dengan Akbar Tandjung yang mampu mempertahankan partai di tengah tekanan politik yang hampir meruntuhkan Golkar pada awal reformasi dulu. Moto Bersatu untuk Maju begitu populer di masa Akbar Tandjung.

"Kalau kembalinya Rhoma Irama diikuti tokoh-tokoh lain, era kepemimpinan Airlangga Hartarto bisa dikenal dengan turn back to Golkar Era dengan makna dua, yaitu kembalinya tokoh-tokoh politik yang matang dan kembalinya Golkar sebagai pemenang pemilu," kata dia.

Baca juga: Rhoma Irama Prihatin kalau Mau Menang Pemilu Harus Money Politic
 

Robi menilai potensi kembali ke Partai Golkar tersebut besar karena publik sudah bisa menilai kapasitas partai yang ada sekarang, baik partai pemenang utama, partai papan tengah, maupun profil partai oposisi. Sebagaimana diketahui Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengonfirmasikan bahwa Rhoma Irama telah kembali ke Partai Golkar.

"Senior kita, Kiai Haji Rhoma Irama ialah kader Golkar. Sempat hijrah ke sana ke mari sebelum akhirnya kembali ke Partai Golkar," kata Airlangga. (Ant/OL-14)

BERITA TERKAIT