23 April 2022, 11:56 WIB

TPNPB-OPM Kembali Lakukan Serangan di Puncak dan Nduga


Emir Chairullah | Politik dan Hukum

Ilustrasi
 Ilustrasi
Ilustrasi OPM

TENTARA Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB)-OPM mengaku bertanggung jawab atas pembakaran mes milik PT Martha Tunggal Tehnik (MTT) di Kampung Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Menurut Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom, pembakaran mes dilakukan pada Jumat (22/4) sore di bawah pasukan pimpinan Panglima TPNPB Kodap Ilaga Peni Murib Dan Panglima TPNPB Kodap Sinak Militer Murib.

“Kita bertanggung jawab atas semua aksi itu,” katanya dalam keterangan persnya, Sabtu.

Berdasarkan informasi, tidak ada korban jiwa dalam insiden itu karena pembakaran mes yang tidak lagi ditinggali karyawan PTMTT. Namun kejadian itu menyebabkan seluruh bangunan ludes terbakar.

Baca juga:  TPNPB-OPM Bantah Bunuh Sertu Eka dan Istri, Polri: Masih Lidik

Sebby menambahkan, selain membakar mes, pihaknya juga melakukan serangan terhadap satu mobil taktis milik TNI-Polri. Serangan tersebut dilakukan pada Kamis (21/4) siang di Batas Batu Keneyam, Kabupaten Nduga.

“Dalam serangan tersebut, kami berhasil menembak sejumlah aparat TNI-Polri,” klaimnya.

Sebby menambahkan, Kodap Nduga di bawah pimpinan Egianus Kogeya sudah memerintahkan masyarakat sipil yang berada di wilayah Keneyam, Nogolaid, Yosema hingga Batas Batu untuk tidak berlalu lalang di kawasan tersebut.

“Kami dan pasukan saya sudah mengepung daerah Keneyam ini,” ungkap Sebby menirukan ucapan Egianus.(OL-5)

BERITA TERKAIT