02 April 2022, 17:25 WIB

Masjid Istiqlal Siap Gelar Solat Tarawih Hari Pertama


Mohamad Farhan Zhuhri | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
 ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Masjid Istiqlal

PERSIAPAN masjid Istiqlal menjelang solat taraweh hari pertama di bulan ramadan sudah terlihat. Dari pantauan reporter Media Indonesia di lokasi, salah satu yang telah disiapkan di dalam masjid yakni, adanya karpet yang membentang sebagai alas ibadah.

Adapun saat ini, masjid istiqlal sudah dibuka secara 100 persen untuk kegiatan ibadah, di masa pandemi saat ini. Sebelum memasuki masjid, para jemaah diminta untuk scan barcode peduli lindungi dalam rangka menjaga protokol kesehatan.

Selain itu di halaman luar Masjid, sudah tidak diperbolehkan kendaraan yang parkir. Seluruh kendaraan roda dua maupun roda empat diarahkan langsung menuju basement masjid istiqlal.

Bertanya kepada salah satu petugas keamanan disana, kendaraan pribadi seluruhnya akan di arahkan ke basement, adapun rombongan yang menggunakan bus akan diperbolehkan hanya untuk mengedrop para jemaah, kemudian akan diarahkan parkir di stasiun gambir.

Pada pukul, 14.30 WIB terlihat beberapa pengunjung masjid istiqlal yang sudah berada disana. Salah satu alasannya ingin taraweh pertama di masjid istiqlal.

Sebelumnya, Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar telah berkoordinasi dengan pihak keamanan dan kebersihan untuk mempersiapkan keberlangsungan kegiatan ibadah di Masjid.

Baca juga: Polisi Terkendala Menangkap Penista Agama Saifuddin Ibrahim

Dalam menjaga masjid, Prof Nasaruddin juga berpesan agar para pegawai di lingkungan Masjid Istiqlal turut menjunjung sifat-sifat Allah SWT dalam Asmaulhusna, khususnya Ar-Rahman.

"Sebagai pelayan dan penjaga rumah Allah SWT (Masjid Istiqlal), mari kita contoh sifat Allah SWT yang maha pengasih dan penyayang. Oleh karenanya kita harus senantiasa memberi kasih," jelasnya beberapa waktu lalu.

Guna memaksimalkan penjagaan ketertiban dan keamanan di Masjid Istiqlal selama Ramadhan, Nasaruddin Umar juga berpesan agar seluruh pihak keamanan bisa bahu-membahu menertibkan fasilitas jamaah. "(Misalnya dengan) menjaga keamanan pada lingkungan parkir, seluruh sudut di Masjid Istiqlal, dan sebagainya," imbuh Nasruddin.

Adapun mengenai kebersihan, KH Nasaruddin Umar juga mengapresiasi kinerja para petugas kebersihan di Masjid Istiqlal. Dia pun berpesan agar ketertiban dan kebersihan yang selama ini dijaga, dapat senantiasa dipelihara.

"Kebersihannya juga harus dijaga, memeliharanya seperti sampai sekarang ini, bersih, semua tertata rapi, dan bagus. Sehingga kesan yang didapat terkait Masjid Istiqlal ialah baik," pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT