21 March 2022, 23:07 WIB

Densus 88 Minta Publik Waspadai Pergerakan ISIS


Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum

AFP
 AFP
Ilustrasi bendera ISIS

DETASEMEN Khusus (Densus) 88 memantau pergerakan ISIS di Indonesia. Pasalnya, kelompok teroris itu memiliki pimpinan baru, yaitu Abu Al-Hassan Al-Hashimmi Al-Quraishi.

"Artinya mereka kasih eksis sampai sekarang," kata Kepala Densus 88 Anti-teror Irjen Polisi Marthinus Hukom usai rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi III di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/3).

Dia menyampaikan pengangkatan pimpinan baru ini dinilai harus diwaspadai. Pasalnya dianggap sebagai energi baru bagi mereka.

"Mereka tuh masih tetap ada walaupun di Timur Tengah mereka kehilangan teritori, tapi dengan hadirnya pemimpin baru, artinya ada napas atau angin segar buat mereka untuk kembali eksis," ujar dia.

Ia menambahkan, ISIS masih mengendalikan jaringan mereka di berbagai pelosok. Salah satunya Indonesia. 

Bahkan, Densus 88 berhasil mengamankan terduga teroris yang berhubungan langsung dengan ISIS di Timur Tengah. Jumlahnya mencapai enam orang. 

"Mereka langsung dikendalikan dari pusat ISIS di Timur Tengah di Syria sana," ungkap dia. 

Peran terduga teror yang diamankan cukup sentral. Yakni, menyebarkan propaganda yang dibuat ISIS.

"Mereka diperintahkan untuk menduplikasi propaganda mereka yang tadinya dalam bahasa Arab kemudian untuk di-translate ke dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris lalu disebarkan lagi ke media sosial," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT