14 March 2022, 20:02 WIB

Presiden Kemah di IKN sambil Rapat


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/HO/Setpres-Agus Suparto
 ANTARA FOTO/HO/Setpres-Agus Suparto
 Presiden Joko Widodo duduk di depan tenda usai memimpin seremoni ritual Kendi Nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara

PRESIDEN Joko Widodo mengadakan diskusi internal bersama sejumlah menteri dan kepala lembaga negara saat bermalam di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (14/3).

Rapat tersebut sekaligus mengakhiri rangkaian kegiatan hari pertama kepala negara bersama rombongan terbatas di IKN.

"Malam ini Presiden berdiskusi dengan menteri-menteri, membahas hal terkait IKN," ujar Heru kepada wartawan, Senin (14/3).

Lokasi tempat Jokowi menginap merupakan sebuah area perkemahan yang berada sekitar 2,7 kilometer dari titik nol.

Dalam agenda tersebut, presiden didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri PU-Pera Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Heru mengungkapkan pihak Istana telah menyiapkan keperluan menginap presiden dan rombongan secara sederhana, tanpa mengurangi aspek keamanan.

Baca juga: Gubernur Kaltim: Jokowi Wujudkan Cita-Cita Pemimpin Bangsa Terdahulu

"Kami ketika menginap di IKN ini tentunya apa adanya. Bapak Presiden kami siapkan tenda yang sederhana dan lain-lain tentunya tidak mengurangi keamanan beliau," tuturnya.

Adapun, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo menjelaskan, selain pengamanan fisik, pihaknya juga telah melakukan upaya pencegahan dari binatang liar maupun penyakit, khususnya malaria.

"Kami sudah lakukan 'fogging' di sana. Kemudian juga untuk keamanan lainnya yaitu di sekitaran tenda-tenda, terutama di sekitar VVIP, sudah kita sebarkan juga seperti garam dan sebagainya untuk mengantisipasi binatang melata. Kami juga siapkan bisa anti ular namun mudah-mudahan tidak terpakai dan kita semua dalam keadaan aman," ucap Komandan Paspampres. (OL-4)

BERITA TERKAIT