11 March 2022, 13:19 WIB

Wapres: Jangan Lagi Ada Korban Jiwa dalam Konflik Papua


Emir Chairullah | Politik dan Hukum

MI/ADAM DWI
 MI/ADAM DWI
Wakil Presiden Ma'ruf Amin.  

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menginginkan agar konflik di Papua tidak lagi memakan korban jiwa. Selain aman, pemerintah berharap masyarakat Papua bisa lebih sejahtera dibandingkan waktu sebelumnya. “Bagaimana masyakat (di Papua) bisa aman. Tidak lagi terjadi seperti kemarin,” kata Ma’ruf usai meninjau ketersediaan pangan nasional di Jakarta, Jumat (11/3).

Ma’ruf menyebutkan, dirinya bakal terus melakukan dialog dengan berbagai tokoh di Papua untuk menyelesaikan permasalahan. Hingga saat ini, Wapres sudah berdialog dengan sejumlah local champion untuk mengakhiri konflik. “Kita sudah dialog dengan local champion dan semua kalangan Kita dialog untuk menyelesaikan permasalahan tapi kita adalah kesejahteraan bagaimana agar masyarakat Papua sejahtera,” jelasnya.

Mengenai keamanan, Ma’ruf meminta agar aparat keamanan lebih bersifat defensif dalam mengamankan wilayah. Aparat keamanan diminta untuk mementingkan bagaimana korban tidak berjatuhan. “Pengamanan defensif yang dinamis, tidak statis. Kita harus pentingkan bagaimana tidak ada korban. Ini kita lakukan langkah perlindungan terhadap masyarakat supaya tidak terjadi lagi ini (kekerasan),” pungkasnya. (OL-12)

BERITA TERKAIT