04 March 2022, 12:04 WIB

Rapim TNI AU Bahas Peningkatan Disiplin Prajurit


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA
 ANTARA/MOHAMMAD AYUDHA
Ilustrasi

RAPAT TNI Angkatan Udara (AU) 2022 membahas peningkatan disiplin prajurit. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Staf TNI AU Marsekal Fadjar Prasetyo. Menurutnya, rapat yang digelar di Mabes TNI AU, Jakarta, tersebut merupakan tindak lanjut dari Rapim Kementerian Pertahanan dan Rapim TNI-Polri yang diselenggarakan sebelumnya.

"Meningkatkan disiplin prajurit untuk disiplin tegak lurus," kata Fadjar, Jumat (4/3).

Isu peningkatan disiplin prajurit sebelumnya didengungkan oleh Presiden Joko Widodo dalam Rapim TNI-Polri, Selasa (1/3) lalu. Saat itu, ia mengingatkan bahwa para prajurit TNI-Polri tidak boleh berdemokrasi, seperti halnya sipil. Selain itu, Presiden juga menyinggung kedisipilinan juga harus diikuti oleh para istri prajurit.

Tema yang diambil dalam Rapim TNI AU 2022 adalah Peningkatan Pembinaan Kekuatan dan Kemampuan TNI AU dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural. Dalam Rapim tersebut, Fadjar meminta jajarannya untuk siap menghadapi situasi disruptif global.

"TNI AU juga akan melaksanakan pokok-pokok kebijakan pertahanan yang disampaikan oleh Panglima TNI, khususnya di dalam pelaksanaan tugas-tugas pengamanan dan pertahanan wilayah udara," sambungnya.

Dalam hal ini, TNI AU akan melakukan pembinaan kekuatan dan kemampuan para prajurit. Ini dilakukan dengan menyiapkan pesawat dan personel para penerbang. Secara khusus, Fadjar juga akan menyampaikan berbagai upaya dalam rangka peningkatan kesejahteraan prajurit. (OL-12)

BERITA TERKAIT