02 March 2022, 22:13 WIB

KSAL: Perang Rusia-Ukraina tak Berimbas ke Alutsista TNI AL


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

dok.ant
 dok.ant
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) memberikan keterangan pers usai rapim di Mabesal, Cilangkap, Jakarta, Ra

KEPALA Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan bahwa perang Rusia-Ukraina tak pengaruhi operasional alat utama sistem senjata (alutsista) TNI AL.

"Alutsista kita memang banyak asalnya. Ada yang buatan Belanda, buatan Rusia, kemudian kemarin 39 kapal itu dari Jerman, termasuk persenjataan kita banyak yang dari luar. Ya tentunya tidak ada pengaruh dari mereka, tetap kita laksanakan operasional," kata Laksamana Yudo di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (2/3).

Namun untuk suku cadangnya, kata dia, TNI AL sampai sekarang belum tahu karena yang mengatur Kementerian Pertahanan.

"Secara operasional tetap kita gunakan. Kita tidak terpengaruh Rusia mau perang sama negara manapun. Alat itu kan istilahnya sudah kita beli dan sudah menjadi hak kita," kata Yudo.

Ke depan, lanjut mantan Pangkogabwilhan I ini, bagaimana untuk suku cadang yang mungkin terkena embargo atau tidak tentunya harus diantisipasi.

Untuk pembahasan geopolitik, Yudo mengatakan akan membahas hal itu hanya di lingkungan internal Dia menyebut untuk ke depan, pihaknya akan mewaspadai perkembangan lingkungan strategis. "Khususnya dengan adanya peristiwa seperti ini, ke depan bagaimana, ini tentunya akan menjadi pembahasan kita yang tidak bisa kita sampaikan secara terbuka," kata Yudo. (Ant/OL-13)

Baca Juga: ICW: Penundaan Pemilu Potensial Lahirkan Rezim Otoritarian

BERITA TERKAIT