19 February 2022, 14:50 WIB

Prajurit TNI yang Ditembak KKB Merupakan Putra Papua


Mediaindonesia | Politik dan Hukum

Dok.MI
 Dok.MI
Ilustrasi

SATU anggota TNI Satgas Lanud Kopasgat tertembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB), di Bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, hari ini. Korban merupakan Prajurit Kepala (Praka) Fermansyah.

"Korban yang tertembak merupakan anak bangsa Indonesia asli Papua dari Suku Biak," ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga dalam keterangan tertulis, Sabtu, 19 Februari 2022.

Ia menjelaskan Fermansya terkena luka tembak di bagian bahu sebelah kanan. Saat ini kondisi korban dalam keadaan sadar dan sudah dievakuasi ke Puskesmas Ilaga, Kabupaten Puncak.

Baca juga: LPSK tuntas Bayarkan Kompensasi ke 9 WNA Korban Terorisme Masa Lalu

“Selanjutnya direncanakan Korban akan di evakuasi menggunakan Heli TNI AU menuju Bandara Mozes Kilangin Mimika," tambahnya.

Aqsha menyebut gerombolan KKB yang belum diketahui identitas kelompoknya itu kerap melakukan aksi teror ke aparat dan masyarakat setempat. Aksi yang mereka lakukan melanggar hak asasi manusia (HAM) dan tidak berperikemanusian.

Ia berharapaksi teror ini tidak lagi terulang. Sebab, mengganggu jalannya roda pembangunan di Papua.

"Mari kita membangun Papua, menciptakan kedamaian, sehingga terwujud kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih yang kita cintai bersama ini," harapnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT