29 January 2022, 14:51 WIB

Presiden Jokowi: IKN Bukan Sekadar Pindah Gedung


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

 ANTARA FOTO/Biro Pers Sekretariat Presiden
  ANTARA FOTO/Biro Pers Sekretariat Presiden
 Presiden Joko Widodo.

PRESIDEN Joko Widodo menyatakan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur akan menjadi bagian transformasi struktural Indonesia.

Program IKN ditegaskan bukan hanya memindahkan pusat pemerintahan melainkan juga membangun ekonomi modern dan kehidupan sosial yang lebih adil.

Hal itu disampaikan Presiden dalam Pengukuhan Majelis Pengurus Pusat Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan Peresmian Pembukaan Rakernas ICMI secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (29/1).

"Program IKN bukan sekadar pindah gedung pemerintahan, bukan itu. Pindah ibu kota adalah pindah cara kerja, pindah mindset dengan berbasis pada ekonomi modern dan membangun kehidupan sosial yang lebih adil dan inklusif," ucap Jokowi.

Presiden menyampaikan pembangunan ibu kota negara menjadi bagian penting dari berbagai upaya transformasi struktural agar Indonesia semakin kompetitif.

Baca juga: IndiGo NetWork: Pindah Ibu Kota Negara Bukan Sebatas UU IKN 

IKN akan menghadirkan transformasi di berbagai bidang seperti pengelolaan lingkungan, ekonomi, teknologi, hingga kesehatan serta pendidikan yang lebih baik.

"IKN akan kita jadikan sebagai sebuah showcase transformasi baik di bidang lingkungan, cara kerja, basis ekonomi, teknologi dan lain-lainnya, termasuk di bidang pelayanan kesehatan dan pendidikan yang lebih berkualitas," ungkap Jokowi.

Tak hanya itu, Presiden menyebutkan IKN juga akan menghadirkan tata sosial yang lebih majemuk dan toleran serta menjunjung tinggi etika dan akhlak mulia.

Kepala Negara mengatakan program IKN dan beberapa transformasi besar yang sedang berlangsung membutuhkan dukungan semua pihak termasuk ICMI.

Presiden meyakini ICMI mempunyai kapasitas besar untuk bersumbangsih gagasan serta kontribusi profesional sesuai keahlian untuk menjamin kemajuan Indonesia.

"Kontribusi ICMI dalam transformasi Indonesia ini sangat kami harapkan, sangat kami butuhkan, untuk bersama-sama membangun Indonesia maju yang kita cita-citakan," ujarnya. (Dhk/OL-09)

BERITA TERKAIT