16 January 2022, 10:45 WIB

KPU Cek Kesiapan Daerah untuk Pelaksanaan Pemilu 2024


 Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

Ist/KPU
 Ist/KPU
Ketua Komisli Pemilihan Umum (KPU)  Ilham Saputra (kiri). 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) tengah mengecek kesiapan penyelenggara di daerah menjelang pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) 2024.

Ketua KPU Ilham Saputra menyampaikan pelaksanaan dan beban kerja pemilu 2024, berbeda dengan pemilu sebelumnya. Pasalnya pemilu akan digelar pada tahun yang sama dengan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak.

Karena itu, ujar Ilham, dari sumber daya manusia (SDM), kapasitas hingga sarana serta-prasarana perlu dipersiapkan jauh sebelum pelaksanaan pemilu.

"Saya banyak mendengarkan keluhan teman-teman, terutama obstacles (hambatan) apa saja yg mereka hadapi dalam persiapan pemilu 2024,"ujar Ilham ketika dihubungi, Minggu (16/1).

Dari kunjungan ke sejumlah daerah antara Bandung dan Cimahi, Provinsi Jawa Barat, Ilham mengungkapkan beberapa keluhan yang mengemuka, antara lain mengenai sarana dan prasarana seperti kantor dan logistik. KPU RI, terang Ilham, akan segera menindaklanjuti.

"Karena salah satu anggaran yang kita usulkan adalah perbaikan sarana dan prasarana dalam persiapan pemilu 2024," terangnya.

Seperti diberitakan, banyak KPU di daerah yang menempati kantor atau gedung hibah dari pemerintah daerah ataupun menyewa. Ilham mengatakan kondisi di daerah berbeda-beda termasuk seperti apa dukungan dari pemerintah provinsi.

Menurutnya, masalah-masalah tersebut berpotensi mengganggu kesiapan pemilu apalagi jika tahapan telah dimulai.

KPU RI, imbuh dia, juga tengah menyelesaikan sejumlah perbaikan regulasi. Adapun beberapa peraturan KPU (PKPU) tengah disusun dalam bentuk rancangan (draft) yakni tentang program, tahapan, dan jadwal baik untuk pemilu maupun Pilkada 2024, PKPU tentang pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta pemilu, PKPU tentang pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, dan lain-lain. (Ind/OL-09)

BERITA TERKAIT