23 December 2021, 22:36 WIB

Menkominfo Ajak Masyarakat Ikut Sukseskan Presidensi G20 Indonesia


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Dok. Pribadi
 Dok. Pribadi
Menkominfo Johnny G Plate

INDONESIA menjalani Keketuaan Forum G20 Tahun 2022. Pemerintah berupaya menjadikan momentum Presidensi G20 Indonesia untuk menunjukkan kepada para pemimpin dunia mengenai kemampuan dalam mengendalikan pandemi Covid-19, sekaligus menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang kuat dan punya adaptasi yang tinggi. 

Oleh karena itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak masyarakat, terutama kalangan mileninal ikut berpartisipasi aktif menyukseskan Presidensi G20 Indonesia.

“Selaras dengan pesan dari Presiden Joko Widodo untuk menyukseskan pelaksanaan KTT G20, Kominfo mendorong masyarakat ikut serta menyukseskan penyelenggaraannya. Sekaligus sebagai pembuktian mempunyai resiliensi sebagai bangsa,” ujarnya dalam Dialog Primetime News Metro TV: Peran Strategis Indonesia di Presidensi G20, yang berlangsung virtual dari Jakarta, Rabu (22/12) malam.

Menurut Johnny, dalam KTT G20 akan datang pengambil keputusan, kepala pemerintah dan kepala negara dari 19 negara besar di dunia. Tentu saja, mereka juga membawa para pengambil keputusan yang berada di level bawahnya, termasuk pemimpin di bidang ekonomi, industri dan perdagangan di tingkat dunia.

“Kita tentu ingin agar penyelenggaraan G20 ini sukses dan kita menjadi bangsa atau tuan rumah yang ramah. Tidak hanya itu saja, selain ramah dalam menerima kehadiran mereka tetapi ini juga momentum untuk menunjukkan kepada mereka akan kemampuan Indonesia sebagai bangsa yang kuat dan kemampuan adaptasi yang tinggi,” tegasnya.

Menkominfo meyakini Indonesia mempunyai potensi besar menyukseskan penyelenggaraan Presidensi G20 tahun depan. Bahkan, Johnny menekankan arti penting keterlibatan generasi milenial, siswa dan mahasiswa.

Baca juga : Mendagri Izinkan Pemda Pakai Dana Bansos untuk Percepat Vaksinasi

“Khususnya generasi milenial, para siswa dan mahasiswa kita harus tahu bahwa Indonesia sebagai Ketua Presidensi G20 tahun depan, apa agenda-agendanya? Apa yang akan dilakukan di dalam meeting-meeting G20 itu? Karena G20 itu merepresentasikan 65% penduduk dunia, me-representing 79% perdagangan global, dan 85% perekonomian dunia,” tuturnya.

Presiden Joko Widodo telah menunjuk Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai koordinator komunikasi dan media dalam Kelompok Negara 20. Penunjukkan itu didasari Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Presidensi G20 Indonesia yang terbit 27 Mei 2021.

“Berdasarkan Keppres itu, Kominfo bertugas untuk membangun strategi komunikasi kepada masyarakat. Kemudian juga kepada negara-negara peserta G20 maupun media dalam dan luar negeri. Namun, media komunikasi yang dimaksud itu tidak saja pemanfaatan kanal-kanal komunikasi tetapi transmisi informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan penyelenggaraan G20 itu sendiri,” tutur Johnny.

Menurut Menkominfo, pada saat Indonesia dipercaya untuk melaksanakan Keketuaan G20 tahun 2022 mendatang, pelibatan dan pemahaman masyarakat begitu penting.

“Makanya, saya berharap masyarakat tidak saja mengetahui kanal-kanal kegiatan atau hal-hal yang teknis. Tetapi masyarakat mengetahui substansi, tujuan dan agenda besar Indonesia pada Keketuaan Indonesia di G20 yang sudah dimulai sejak 1 Desember 2021 yang lalu sampai dengan 30 hingga 31 Oktober tahun depan,” harapnya.

Dalam diskusi yang turut menghadirkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo itu, Menteri Johnny juga menjelaskan digitalisasi menjadi salah satu faktor penting yang muncul akibat dari pandemi Covid-19, yakni mendorong migrasi aktivitas masyarakat ke ruang digital. (RO/OL-7) 

BERITA TERKAIT