22 December 2021, 21:47 WIB

Tiga Terduga Teroris Ditangkap di Kalteng


Surya Sriyanti | Politik dan Hukum

Medcom
 Medcom
Ilustrasi 

DENSUS 88 Anti Teror dan Satbrimob Polda Kalimantan Tengah (Kalteng), meringkus tiga orang terduga teroris. Penangkapan dilakukan Selasa (21/12)

Dalam keterangan tertulis, Rabu (22/12), Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes K. Eko Saputro membenarkan adanya tangkapan terduga teroris tersebut tersebut. "Ya benar , ada penangkapan tiga target teror oleh Densus 88 Anti Teror. Satu terduga berhasil diamankan di Kota Palangka Raya dan dua lainnya di  Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur," katanya.

Dijelaskannya, ketiganya merupakan target teror yang terafiliasi ke Islamic State dan berbaiat kepada Abu Bakar Al Baghdadi dan penggantinya. Berdasarkan hasil lidik, ketiga terduga pelaku diduga terlibat dalam rencana untuk melakukan aksi amaliyah (aksi teror) pada akhir 2021 di Kalteng.

Dari hasil penggeledahan, petugas menemukan senjata api rakitan berikut senjata tajam. Buku-buku pemahaman ideologi terduga dan baju yang digunakan untuk latihan militer dan persiapan amaliyah.

"Para pelaku diamankan beserta sejumlah barang bukti diantaranya Handphone, laptop, buku keagamaan hingga senapan angin dan senjata api rakitan beserta amunisi lainnya yang mengarah pada tindakan terorisme," pungkasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT