17 December 2021, 10:00 WIB

Omicron Muncul, Pemerintah Diminta Ubah Kebijakan Libur Nataru


Sri Utami | Politik dan Hukum

Ant/Iggoy
 Ant/Iggoy
Kendaraan terjebak macet di kawasan pantai Purus, Padang, Sumatera Barat, Minggu (12/12/2021). Selama libur Nataru, Pemkot Padang membuka s 

LEGISLATOR dari Komisi IX DPR Rahmad Handoyo meminta pemerintah segera bertindak cepat, mengubah kebijakan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), menyusul telah ditemukannya varian omicron di Tanah Air.

“Pemerintah harus bertindak cepat dan dinamis menyikapi kondisi kekinian. Kami mendorong ada perubahan aturan pada libur nataru nanti. Mungkin larangan mudik menjadi salah satu cara antisipasi agar varian ini tidak menyebar,” kata Rahmad Handoyo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/12)

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, pihaknya akan mendukung sepenuhnya, apapun langkah drastis yang akan dilakukan pemerintah dalam menyikapi temuan varian omicron.

“Kita beharap libur nataru dimana banyak warga yang melakukan perjalanan keluar kota dan pulang kampung tidak menjadi momentum penyebaran varian omicron. Harus ada perubahan aturan pada Nataru ini agar kita tidak kecolongan dan larangan mudik barangkali, itu jadi salah satu cara antisipasi agar varian omicron tidak menyebar," ucapnya.

Dia mengatakan, pihaknya juga medorong pemerintah agar meningkatkan kewaspadaan, khususnya di perbatasan-perbatasan laut udara dan darat. Karantina pada akhirnya akan menjadi daya pertahanan yang paling dibutuhkan.

“Dan satu hal yang tak boleh terlupakan, karantina harus menjadi keharusan dengan tata cara yang lebih baik apalagi dengan adanya liburan nataru ini saya kira proses kanrantina bagi warga negara indonesia yang mau masuk kembali ke indonesianya mutlak harus dilakukan," paparnya

Lebih lanjut Rahmad meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik. Dia mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga prokes yang ketat. (OL-13)

Baca Juga: Puan Maharani Tegaskan APBN untuk Kesejahteraan Rakyat

BERITA TERKAIT