07 December 2021, 15:20 WIB

44 Eks Pegawai KPK yang tidak Lolos TWK Jalani Orientasi Usai Dilantik sebagai ASN Polri


Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum

MI/Susanto
 MI/Susanto
Pelepasan pegawai KPK yang tidak lolos TWK

SEBANYAK 44 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera dilantik menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri. Mereka akan menjalani orientasi usai pelantikan.

"Setelah pelantikan kita ada orientasi. Jadi kita akan sedikit berbeda dengan teman-teman yang kemarin di Unhan (Universitas Pertahanan) di mana dibina dulu kemudian dilantik. Kalau kami ini akan dilantik dan ada orientasi," kata mantan Direktur Kampanye Sosialisasi Antikorupsi KPK Giri Suprapdiono di Gedung TNCC Mabes Polri, Jakarta Selatan, hari ini.

Giri mengatakan orientasi itu nantinya berisi pengenalan pengetahuan terkait pegawai negeri sipil (PNS) dan ASN, serta organisasi Polri. Dengan begitu 44 eks pegawai KPK tidak kaget saat menjalankan tugas di Korps Bhayangkara.

"Karena untuk bisa berkontribusi di lembaga yang sebesar ini tentu kita butuh informasi yang memadai juga," ujar Giri.

Baca juga: Heru Hidayat Dituntut Mati Karena Mengulang Pidana Korupsi

Namun, Giri belum dapat memastikan posisi yang bakal diembannya nanti. Menurut dia, Polri tengah menyusun penempatan sesuai kompetensi. "Mereka yang sedang menyusun dan saya pikir sebelum itu menjadi regulasi, belum bisa disampaikan karena hitam di atas putihnya regulasi," ungkap Giri.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merekrut 57 eks pegawai KPK menjadi ASN Polri. Namun, satu di antaranya meninggal dunia.

Dari 56 yang tersisa, 44 orang bersedia menjadi ASN Polri. Sedangkan, 12 orang lainnya menolak. Polri belum membeberkan nama-nama yang bersedia menjadi ASN Polri. Namun, salah satunya adalah Novel Baswedan, mantan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo, dan mantan Direktur Kampanye Sosialisasi Antikorupsi KPK Giri Suprapdiono.

Ke-44 orang itu telah menjalani uji kompetensi di gedung TNCC Mabes Polri. Mereka kini tengah menunggu pelantikan. (OL-4)

BERITA TERKAIT