30 November 2021, 14:19 WIB

Penggalangan Koin untuk Muktamar NU Sudah Berlangsung Setahun, Terkumpul Rp2,6 Miliar


Theofilus Ifan Sucipto | Politik dan Hukum

Dok. Panitia Muktamar NU ke-34
 Dok. Panitia Muktamar NU ke-34
Konferensi pers konser penggalangan koin untuk Muktamar NU ke-34

PENGGALANGAN koin untuk penyelenggaraan Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 sudah berlangsung sejak satu tahun lalu. Dana yang terhimpun sejauh ini mencapai miliaran rupiah.

"Sampai saat ini sudah terkumpul kira-kira Rp2,6 miliar," kata Ketua Panitia Nasional Muktamar ke-34 NU Imam Aziz dalam telekonferensi di Jakarta, hari ini.

Imam mengatakan mekanisme pengumpulan koin sebelumnya bersifat manual. Nahdliyin, simpatisan NU, hingga masyarakat umum memasukkan koin-koin ke dalam kaleng.

"Ini apresiasi yang luar biasa dan menunjukkan NU sangat mampu mandiri dan bermartabat. Kami merasa bangga sebagai panitia," papar dia.

Baca juga: Hobbes, Said Aqil, dan Bahasa Politik Muktamar NU

Menurut Imam, antusias nahdliyin sangat tinggi menyambut Muktamar ke-34. Mereka tak hanya mendonasikan koin. "Ada sumbangan seperti beras, ikan, sapi, kambing, dan meminjamkan mobil untuk transportasi," tutur dia.

Imam menyebut penggalangan koin terus dilakukan. Teranyar, NU bakal menggelar Konser Amal Koin Muktamar secara langsung dan daring. "Sekarang kita pakai digital menjadi koin muktamar digital. Kita kerja sama dengan LAZISNU (Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah NU)," jelas dia.

Konser Amal Koin Muktamar digelar pada Senin, 13 Desember 2021 di Balai Sarbini, Jakarta Selatan pukul 20.00 hingga 22.00 WIB. Acara tersebut bakal dimeriahkan Gus Miftah, Habib Luthfi, Addie MS, hingga Padi Reborn. (OL-4)

BERITA TERKAIT