17 November 2021, 13:25 WIB

629 Orang Lulus Administrasi Calon Anggota KPU - Bawaslu RI


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

MI/Agus Mulyawan
 MI/Agus Mulyawan
Juri Ardiantoro Ketua tim seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) periode 2022-2027.

TIM seleksi mengumumkan hasil penelitian administrasi bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI periode 2022-2027, Rabu (17/11) di Kantor Sekretariat Tim Seleksi, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta.

Ketua tim Juri Ardiantoro menyebutkan dari 868 pendaftar, terdapat 629 pelamar yang dinyatakan lulus administrasi. "Pendaftar yang lulus penelitian administrasi memenuhi syarat untuk KPU RI sebanyak 352 orang terdiri dari 255 laki-laki dan perempuan 97 orang perempuan (27,5%)," ujar Juri. Berdasarkan data tim seleksi, mayoritas pendaftar berdomisili di Pulau Jawa.

Adapun persebaran wilayah domisili bakal calon yang lulus administrasi yakni pendaftar dari Sumatera sebanyak 77 orang, Pulau Jawa sebanyak 158 orang, Kalimantan sebanyak 26 orang, lalu Sulawesi berjumlah 47 orang, Bali dan Nusa Tenggara 17 orang, Maluku dan Papua 27 orang. Untuk bakal calon anggota Bawaslu RI,

376 orang yang mendaftar, terdapat 277 orang yang dinyatakan memenuhi syarat terdiri dari 207 laki-laki dan 70 orang (25,3%). Persebarannya dari daerah Sumatera 58 orang, Jawa sebanyak 143 orang, Kalimantan berjumlah 17 orang, Sulawesi sebanyak 33 orang, Bali dan Nusa Tenggara sebanyak 11 orang, Maluku dan Papua ada 15 orang.

Juri mengatakan pendaftar berasal dari beragam latar belakang mulai dari penyelenggara pemilu baik yang sedang menjabat di tingkat pusat maupun provinsi, para mantan penyelenggara pemilu, ada pula dari kalangan akademisi, penggiat pemilu, dan profesional.

Dalam daftar nama-nama tersebut, sejumlah anggota KPU periode 2016-2022 dinyatakan lulus administrasi yakni I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Viryan, Ilham Saputra, dan Hasyim Asy'ari. Sementara satu orang anggota Bawaslu RI saat ini yakni Mochammad Afifuddin mendaftar menjadi komisioner KPU RI juga dinyatakan lulus administrasi.

Baca juga: Wapres: Pemda Harus Siapkan Mitigasi Hadapi Bencana Akhir Tahun

Untuk bakal calon anggota Bawaslu RI, ada anggota KPU RI periode saat ini Pramono Tanthowi Ubaid dinyatakan lulus administrasi, lalu Fritz Edward Siregar, Rahmad Bagja, dan Abhan yang merupakan anggota Bawaslu RI periode saat ini. Juga Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol) Aditya Perdana.

Juri mengatakan pendaftar yang dinyatakan lulus penelitian administrasi berhak mengikuti seleksi tertulis dan penulisan makalah pada Rabu (24/11) dan tes psikologi pada Kamis (25/11).Lokasi tes, ujarnya, diselenggarakan secara terpusat di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sekretaris Tim Seleksi Bahtiar menegaskan tes akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Tim seleksi, ujar dia, juga berkoordinasi dengan satuan tugas (satgas) penanganan Covid-19 Provinsi DKI Jakarta. Bahtiar mengatakan masyarakat dapat memberikan informasi berkaitan dengan para calon anggota KPU dan Bawaslu. Hal itu dapat disampaikan dengan bersurat ataupun disampaikan langsung di kantor sekrrtariat tim seleksi.

"Masyarakat diharapkan memberikan respons bisa melalui surat elektronik atau datang langsung ke sekretariat tim seleksi. Tim seleksi punya mekanisme konfirmasi untuk mengecek laporan tersebut," ucapnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT