04 November 2021, 15:44 WIB

Inilah Para Menantu di Lingkaran Pemerintahan


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Ist/DPR
 Ist/DPR
Anggota Komisi VI DPR RI Muhammad Rapsel Ali yang juga menantu Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) memilih Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI. Ia akan menggantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto berdasarkan Surpres Nomor R-50/Pres/10/2021.

Andika Perkasa yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Pangkostrad merupakan menantu dari mantan Kepala Badan Intelijen Negara, A.M. Hendropriyono.

Ia menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak tanggal 22 November 2018.

Munculnya nama Andhika tidak akan mengejutkan publik. Sejak akhir tahun lalu, namanya sudah beredar luas sebagai calon Panglima TNI. Ini sangat dimaklumi mengingat pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 21 Desember 1964 itu adalah perwira nomor satu di matra terkuat, yakni Angkatan Darat.

Tak hanya hebat di militer, Andika juga diketahui memiliki empat gelar dari perguruan tinggi di Amerika Serikat. Gelar tersebut yakni satu gelar PhD dan tiga gelar master yakni M.A, M.Sc, M.Phil. Di samping itu, ia juga mengantongi gelar S.E. dari perguruan tinggi dalam negeri.

Namun, mantu beken Tanah Air yang ada di pusaran kekuasaan bukan hanya menjadi status Andika Perkasa seorang.

Ada beberapa nama lain yang juga merupakan menantu-menantu terkenal dari petinggi-petinggi negara yang kini sedang digadang-gadang menempati posisi vital di republik ini atau pun sudah berstatus pejabat.

Dari Istana Wapres ada nama Muhammad Rapsel Ali. Rapsel Ali merupakan menantu Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin. Saat ini, politikus NasDem itu tercatat sebagai Anggota Komisi VI DPR RI.

Selain sebagai anggota DPR RI, Rapsel juga memegang sejumlah jabatan dalam organisasi kemasyarakatan, termasuk sebagai Wakil Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna, Dewan Penasihat Ikatan Motor Indonesia (IMI) periode 2021-2024, Anggota Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia, serta Presiden Pertamina Mandalika SAG Racing Team Indonesia yang kini mengikuti Kejuaraan Dunia Moto2.

Bukan itu saja, sejak 2019 Rapsel menjabat Ketua Umum Perkumpulan Pemilik Senjata Beladiri Indonesia (Perlisindo) serta Pembina Komunitas Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Wilayah Jakarta Barat dan Ketua Bidang Humas HDCI Pusat sejak 2009.

Rapsel juga merupakan mantan Ketua Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Sulawesi Selatan, Ketua Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan, dan Industri Indonesia (Ardin) Sulawesi Selatan, pendiri Asosiasi Pemerintah Daerah Pesisir dan Kepulauan (Aspeksindo), dan Anggota Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia.  

Dengan kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang dimilikinya, Rapsel Ali saat ini disebut-sebut menjadi kandidat kuat Kepala Badan Pangan Nasional (BPN).

Badan yang diklaim memiliki kewenangan super ini dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional yang akan menjalankan tugas pemerintah di bidang pangan sesuai amanat UU No. 18 Tahun 2012 tentang Pangan.

Ini bukan kali pertama nama Rapsel muncul sebagai calon pengisi posisi penting di republik ini.

Sebelumnya, pada April lalu, ia pernah santer disebut akan masuk dalam kabinet sebagai salah satu Menteri setelah sempat dipanggil presiden Joko Widodo ke Istana.

Selain itu, nama Rapsel juga sempat disebut-sebut sebagai calon Menteri Pertanian atau Menteri Pemuda dan Olahraga dalam isu reshuffle pasca-Idul Fitri.

Selanjutnya, kembali dari kalangan pejabat militer ada nama Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Maruli yang merupakan menantu Menko Bidang Kemaritiman, Jenderal TNI (HOR) Luhut Binsar Panjaitan kabarnya akan mengambilalih posisi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letnan Jenderal Dudung Abdurachman yang dilaporkan akan menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Seperti halnya Andika dan Rapsel, Maruli bukan menantu “kaleng-kaleng”.

Sebelum menggantikan Mayjen TNI Kurnia Dewantara sebagai Pangdam IX Udayana sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/911/XI/2020 yang ditetapkan tanggal 18 November 2020, Maruli menjabat sebagai Komandan Paspampres (Danpaspampres). Ia menempati posisi ini selama dua tahun.

Maruli Simanjuntak yang saat ini juga menjabat Ketua Umum Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) periode 2021-2026  jauh sebelumnya sudah menunjukkan prestasi gemilang.

Mantan atlet judo itu pernah dianugerahi gelar Danrem terbaik dalam bidang Program Upaya Khusus (Upsus) Ketahanan Pangan Tingkat Nasional Tahun 2016.

Meski tidak sedang digadang-gandang akan promosi ke jabatan baru, nama Bobby Nasution jelas tidak bisa dilupakan ketika berbicara mengenai mantu-mantu beken di lingkaran kekuasaan di republik ini.

Seperti diketahui, pria bernama lengkap Muhammad Bobby Afif Nasution itu adalah menantu Presiden Joko Widodo.

Bobby yang lahir pada 5 Juli 1991 dan sekarang berusia 30 tahun saat ini menjabat Wali Kota Medan. Ia menempati jabatan itu setelah memenangi Pilkada Medan tahun 2020 bersama pasangannya Aulia Rachman.

Selain wali kota, Bobby Nasution juga dikenal sebagai seorang pengusaha. Suami Kahiyang Ayu itu juga diketahui merupakan Dewan Penasihat Pengurus Pusat IMI periode 2021-2024. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT