03 November 2021, 23:32 WIB

BPIP: Calon Panglima TNI Harus Perkokoh Persatuan dan Kesatuan


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

Dok MI
 Dok MI
Jenderal Andhika Perkasa

STAF  Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo berharap Andika Perkasa, sebagai calon tunggal panglima TNI, memiliki visi yang kuat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Jangan sampai, panglima selanjutnya ikut terseret ke dalam politik praktis atau menjadi alat bagi penguasa atau partai-partai politik tertentu.

"Itu akan mencederai institusi yang seharusnya mandiri dan independen dan juga menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap TNI," ujar Benny melalui keterangan tertulis, Rabu (3/11).

Ia juga berpesan agar pengganti Hadi Tjahjanto dapat memperkuat kerja sama dengan Polri, terutama dalam upaya penanganan pandemi covid-19 yang belum usai. Persoalan-persoalan lain seperti aksi terorisme dan situasi keamanan di Papua juga menuntut adanya sinergi yang kokoh antara kedua belah pihak.

“Harus ada komunikasi dua arah yang saling memahami satu sama lain. Panglima harus memilki kesadaran komunikasi yang baik. Begitupun sebaliknya," ucap Benny.

Sebagaimana diketahui, Istana, baru saja menyerahkan Surat Presiden terkait permohonan penggantian Panglima TNI kepada DPR RI. Di dalam surat tersebut, nama Kepala Staf Angkatan Darat Andika Perkasa muncul sebagai calon tunggal. (OL-8)

BERITA TERKAIT