24 October 2021, 13:54 WIB

Dua Tahun Pemerintahan Jokowi, Ekonomi dan Pandemi Terkendali


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Dok MI
 Dok MI
Joko Widodo dan Ma'ruf Amin

PARTAI Golkar mengapresiasi dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang telah menunjukkan keberhasilan menjawab tantangan pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena. Melki menceritakan awal munculnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia yang diumumkan lima bulan setelah pelantikan Jokowi-Ma'ruf.  "Pada 2 Maret 2020, kasus pertama di Indonesia diumumkan. Artinya, hanya berselang lima bulan setelah pelantikan Jokowi-Maruf, pandemi Covid-19 terjadi di Indonesia," kata Melki. 

Namun, Partai Golkar mengapresiasi kepemimpinan Jokowi-Maruf bersama Kabinet Indonesia Maju yang telah menunjukkan keberhasilan menjawab tantangan tersebut. 
"Tantangan pandemi Covid-19, berhasil dijawab dengan baik dengan terkendalinya pandemi Covid-19 di Indonesia," tandasnya. 

Ia mencontohkan, pada pekan ini kasus konfirmasi dan kematian yang dikonfirmasi setiap hari telah menurun tajam. Terdapat 96,23% kasus Covid-19 kini sudah sembuh total.  "Bahkan terdapat 21 persen penurunan jumlah kasus dibandingkan minggu sebelumnya, serta 32,7 persen penurunan jumlah kematian dibandingkan minggu sebelumnya," ujarnya. 

Bahkan, lanjut Melki, Indonesia telah melewati masa puncak kasus aktif Covid-19 yang terjadi pada Juli 2021 yang mencatat kasus aktif mencapai 574.135 orang.  Namun sampai dengan 22 Oktober 2021 kasus aktif telah turun menjadi 15.594.  "Kasus meninggal karena Covid-19 telah terkendali. Ketika mencapai puncak gelombang kedua, ada lebih dari 2.000 kematian per hari. Namun angka tersebut berhasil dikendalikan menjadi 43 kematian di 21 Oktober 2021," tandasnya.

Terpisah, anggota Komisi XI Misbakhun memuji capaian pemerintahan Jokowi selama dua terakhir, khususnya dalam hal pemulihan ekonomi nasional. Misbakhun memaparkan, pemerintah bisa melakukan pemulihan ekonomi di masa sulit akibat pandemi dengan melakukan berbagai hal, termasuk realokasi dan re-focussing anggaran. Hasilnya, kata dia, terjadi pemulihan di berbagai sektor utama, seperti industri pengolahan, perdagangan, konstruksi, serta transportasi dan pergudangan. "Ini mencerminkan aktivitas ekonomi sudah mulai bangkit kembali," ujarnya.

Misbakhun juga memuji kucuran bantuan dam perlindungan sosial dari pemerintah di berbagai sektor yang mampu menjaga stabilitas sektor ekonomi. Dengan berbagai upaya penguatan dari sisi hulu hingga hilir tersebut, kata Misbakhun, pemerintahan Jokowi berhasil menekan laju penyebaran virus Covid-19 sekaligus menjaga perekonomian. (OL-8)

 

 

BERITA TERKAIT