23 October 2021, 21:24 WIB

Pandemi Jadi Ujian bagi Partai Politik dan Penyelenggara Negara 


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden
 Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo

PANDEMI covid-19 telah mengajarkan begitu banyak hal kepada bangsa Indonesia, Pandemi covid-19 menjadi ujian yang sangat berat bagi kelembagaan politik nasional. 

Lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif diuji untuk bisa menangani krisis kesehatan dan ekonomi yang bergulir di waktu yang bersamaan. 

"Pandemi telah mengajarkan banyak kepada kita, pentingnya respon yang cepat, respon yang tepat, yang bisa menjangkau dan melindungi masyarakat di seluruh pelosok tanpa kecuali," ujar Jokowi dalam Perayaan HUT ke-57 Partai Golkar secara virtual, Sabtu (23/10). 

Tidak hanya bagi penyelenggara negara, pandemi juga menjadi tantangan bagi partai-partai politik di Tanah Air. 

Sebagai wadah artikulasi dan agregasi masyarakat, keberadaan parpol-parpol dipertanyakan, apakah mereka sudah berada di kanan dan kiri rakyat dalam situasi sulit seperti sekarang. 

Baca juga : Pemda Akui Banyak Hambatan Selaraskan UU Cipta Kerja

"Parpol dituntut untuk hadir meringankan beban masyarakat dan memberi solusi untuk persoalan yamg dihadapi rakyat," tutur mantan wali kota Solo itu. 

Sebagai partai yang sudah berusia matang dan sarat akan pengalaman, Golkar, menurut kepala negara, harus semakin solid berkarya untuk meraih kemenangan bagi bangsa dan negara, untuk mewujudkan Indonesia maju. 

Dengan kekompakan para kader yang tersebar di seluruh penjuru tanah air, Jokowi optimistis partai berlambang pohon beringin itu dapat tumbuh berakar kuat, menjulang tinggi dan mengayomi serta membri keteduhan. 

"Dengan semangat belajar dari pandemi, Partai Golkar pasti belajar, apa yang kurang, apa yang lemah yang harus diperbaiki agar bisa terus berkarya untuk kepentingan rakyat," tandasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT