07 September 2021, 19:38 WIB

Inilah Pejabat Negara Terkaya Berdasarkan LHKPN, Hartanya Capai Rp8,7 Triliun


Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
 ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Anggota Wantimpres Dato Sri Tahir

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan potret kekayaan dari 365.925 pejabat yang melaporkan LHKPN 2020 yang disampaikan per Juli 2021. Di kementerian/lembaga pusat, ada pejabat yang hartanya mencapai Rp8,7 triliun.

"Di antara kementerian/lembaga ada yang melaporkan hartanya minus Rp1,7 triliun. Pada saat yang sama ada yang melaporkan tertingginya Rp8,7 triliun," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan dalam webinar Apa Susahnya Lapor LHKPN Tepat Waktu dan Akurat yang digelar KPK, Selasa (7/9).

Berdasarkan penelusuran pada e-announcement LHKPN yang terbuka untuk publik, terungkap pejabat yang memiliki harta Rp8 triliun itu yakni anggota Dewan Pertimbangan Presiden Dato Sri Tahir. Pengusaha yang merupakan pendiri Mayapada Group itu melaporkan LHKPN 31 Maret 2021 lalu.

Baca juga: Baleg DPR: Hukuman Pelaku Pedofil di RUU TPKS Lebih Berat

Dalam laporannya, Tahir memiliki harta berupa 25 unit tanah serta bangunan di Indonesia dan luar negeri. Totalnya aset itu mencapai Rp182,69 miliar. Tahir juga melaporkan transportasi senilai Rp12,92 miliar. Kendaraan yang dimiliki yakni tiga unit mobil Mercedes-Benz, satu unit Bentley, satu unit Toyota Alphard, dan satu Rolls-Royce.

Tahir juga tercatat memiliki harta bergerak lain senilai Rp4,96 triliun dan surat berharga mencapai Rp8,29 triliun. Adapun kas dan setara kas Rp2,17 triliun dan harta lainnya Rp72 miliar. Sementara itu, utangnya tercatat Rp6,96 triliun. (OL-4)

BERITA TERKAIT