27 July 2021, 18:10 WIB

KSP: Jangan Buang Energi desak Jokowi Mundur


Andhika prasetyo | Politik dan Hukum

MI/Susanto
 MI/Susanto
Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ade Irfan Pulungan

TENAGA Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ade Irfan Pulungan menegaskan bahwa gerakan-gerakan yang mendesak Presiden Joko Widodo untuk mundur tidak ada urgensinya sama sekali.

Ketimbang menghabiskan energi untuk hal tersebut, ia meminta masyarakat membantu pemerintah menangani pandemi yang hingga sekarang belum berakhir.

Upaya menangani pandemi, sambung Ade, tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja. Segenap elemen bangsa harus turut serta terlibat, bekerja sama, bahu membahu sehingga kondisi yang lebih baik bisa terwujud.

"Mari kita semua bekerja sama. Ini bukan kepentingan personal, bukan untuk pemerintah saja melainkan seluruh masyarakat. Jadi kalau ada regulasi yang ditetapkan negara, masyarakat harus mengikuti," ujar Ade kepada wartawan, Selasa (27/7).

Baca juga: Tolak Provokasi

Ia pun menyayangkan masih ada kelompok-kelompok masyarakat yang berusaha melakukan aksi-aksi yang bisa memicu kerumunan dan menimbulkan situasi tidak kondusif.

Seperti rencana aksi unjuk rasa bertajuk Jokowi End Game untuk menolak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat.

"Untungnya itu sudah selesai kan. Sudah diusut," tuturnya.

Ia pun berharap hal-hal serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

"Mengendalikan pandemu itu kan tidak bisa sepihak. Pemerintah punya regulasi, punya pedoman, tapi kalau masyarakat tidak mendukung ya percuma. Tidak ada keseimbangan, tidak merasa wabah ini menjadi sebuah hal yang serius, ya susah," tandasnya.(OL-4)

BERITA TERKAIT