27 July 2021, 11:35 WIB

Presiden: Orientasi ASN Harus Sama, Melayani Masyarakat


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

Dok. Setpres
 Dok. Setpres
Presiden Joko Widodo

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) di Indonesia memiliki orientasi yang sama, yakni memberikan pelayanan terbaik kepada publik.

Orientasi itulah yang semestinya dijadikan semboyan instansi-instansi pemerintahan, baik di pusat maupun daerah.

"Di mana pun ASN bertugas, seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama, mempunyai semboyan yang sama," tegas Jokowi dalam peluncuran Core Values & Employer Branding ASN, di Jakarta, Selasa (27/7).

Kepala negara menyadari, sejak lama, tiap-tiap pemerintah daerah memiliki semboyan berbeda. Itu sah-sah saja karena variasi semboyan bisa memperkaya keberagaman. Namun, jangan sampai perbedaan itu justru memunculkan persaingan antarinstansi pemerintahan yang akhirnya merugikan masyarakat.

"ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun daerah harus mempunyai core value yang sama. ASN yang berprofesi sebagai dosen, guru, jaksa, dokter, perawat, analisis kebijakan, petugas Satpol PP seharusnya mempunyai nilai dasar yang sama. Bahkan pegawai BUMN juga sebaiknya mempunyai proposisi nilai rujukan yang sama yaitu melayani dan membantu masyarakat," jelas mantan wali kota Solo itu.

Baca juga: KPK Minta Masyarakat Legawa Terima Hasil Putusan Dewas Soal TWK

Ia tidak ingin masih ada ASN yang justru meminta dilayani, yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial.

"Itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi," tutur Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan kepada ASN untuk memanfaatkan kewenangan dan sumber daya yang diberikan negara secara baik dan benar.

"Semua harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa dan negara demi kehidupan masyarakat yang harmonis," imbuhnya. (P-5)

BERITA TERKAIT