16 June 2021, 12:38 WIB

MPR Minta Polri Bongkar Jaringan Pemasok Senjata ke KKB di Papua


Sri Utami | Politik dan Hukum

Ist
 Ist
Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Papua.

KETUA MPR Bambang Soesatyo meminta aparat kepolisian untuk tetap melakukan investigasi jaringan pengadaan senjata api dan amunisi kepada Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Puncak Jaya Papua. 

"Saya apresiasi kinerja Satgas Ops Nemangkawi yang berhasil mengamankan terduga pelaku penjual senpi dan amunisi ke KKSB, dan meminta aparat untuk terus menginvestigasi sehingga diketahui latar belakang dan pelaku intelektual dibelakangnya serta menindak tegas pelaku sesuai dengan hukum positif yang berlaku," ujarnya. 

Pendalaman terhadap jaringan penjual senjata api dan amunisi tersebut mutlak dilakukan termausk menggali informasi mulai dari sumber dana hingga aktivitas pengiriman uang untuk membeli senjata dan amunisi dari terduga pelaku. 

"Karena salah satu barang bukti salah yang diamankan aparat adalah uang ratusan juta," ujarnya. 

Pemerintah lanjutnya harus berkomitmen untuk memutus rantai pemasokan dari mulai aliran dana dan senjata api. Hal ini bertujuan untuk mempersempit ruang gerak sekaligus mencegah berulangnya aksi teror bersenjata yang dilakukan KKSB, serta memberikan rasa aman pada masyarakat.

"Pemerintah dan aparat TNI-Polri untuk terus memproses dengan melakukan pengejaran dan penindakan terhadap KKSB secara tegas dan terukur," tukasnya. (Sru/OL-09).

BERITA TERKAIT