12 June 2021, 20:58 WIB

Puan: Jangan Sembunyikan Kondisi Penyebaran Covid-19 di Daerah


Widjajadi | Politik dan Hukum

MI/IRFAN
 MI/IRFAN
 Ketua DPR-RI Puan Maharani (kiri) di Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2).

KETUA DPR RI, Puan Maharani, meminta seluruh Pemda di tanah air untuk tidak menyembunyikan kondisi perkembangan penyebaran covid-19 di wilayahnya, dan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat, guna memudahkan percepatan penanganan kasusnya.

"Kalau situasi ( perkembangan covid-19) daerah parah, ya harus dikoordinasikan. Jangan malah disembunyikan. Dengan cara gotong royong pasti akan lebih memudahkan dan mempercepat penanganan," kata Puan usai meninjau vaksinasi covid-19 yang dipusatkan di Pendapi Gede Balaikota Solo, Sabtu (12/6).

Baca juga: Usulan Revisi UU ITE Bukan Harga Mati

Dia paparkan, terjadinya lonjakan penyebaran covid-19 yang tidak terkendali di banyak daerah usai liburan lebaran, harus ditanggulangi secara cepat. Tidak hanya dengan mendisplinkan masyarakat terhadap pelaksanaan prokes, tetapi juga dengan percepatan vaksinasi, agar masyarakat segera sehat kembali dan mampu bangkit secara ekonomi.

Ia juga mengingatkan masyarakat menjalani pola hidup sehat, bermasker saat berkegiatan, sering mencuci tangan dan juga menjauhi kerumunan, serta bersedia untuk divaksin, agar imunitas tubuh menjadi lebih kuat.

"Sebagai Ketua DPR RI, dalam situasi pandemi covid yang sedemikian sekarang ini, tidak memungkinkan bagi saya berkunjung di seluruh daerah. Begitu halnya di 35 daerah di Jateng tidak mungkin saya kunjungi semua. Sehingga baru dapil  ( dapil V Jateng) yang saya kunjungi,sebagai simbolis membantu dan mendorong percepatan vaksinasi," ungkap dia.

Puan berharap, percepatan vaksinasi covid-19, selain menguatkan imunitas warga juga akan mempercepat proses kebangkitan ekonomi di daerah. 

"Karena itu masyarakat tidak perlu takut divaksin, karena itu membantu kekebalan tubuh melawan covid-19," katanya sekali lagi.

Dalam kesempatan kunker di dapil V Jateng yang meliputi Kota Solo, Kabupaten Boyolali, Sukoharjo dan Klaten, Puan Maharani yang didampingi Ketua Fraksi PDIP DPR RI,Utut Adianto dan Ketua DPD PDIP Jateng Bambang 'Pacul' Wuryanto juga memberikan bantuan paket alsintan dan bibit pertanian serta peternakan.

Ia menegaskan, bantuan untuk gabungan kelompok tani (gapoktan ) yang diserahkan lewat walikota Solo dan tiga bupati itu, sebagai upaya mempercepat proses lebanhkitan ekonomi di tengah pandemi covid-19.

Paket bantuan untuk Kota Solo berupa kendaraan roda tiga  pengangkut sampah dan gemar makannikan untum 250 ribu orang. Sedang gapoktan Boyolali, Klaten dan Sukoharjo masing masing berupa mesin traktor roda 2 sebanyak 20 unit, 5 pompa air, paket gemar makan nikan 250 ribu orang, bibit ikan, bibit tanaman produktif. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT