19 April 2021, 15:46 WIB

Polri Segera Terbitkan DPO Jozeph Paul Zhang


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Fauzan
 ANTARA FOTO/Fauzan
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono (Kanan)

BARESKRIM Polri akan segera menerbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO) untuk Jozeph Paul Zhang yang diduga melakukan penistaan agama lantaran mengaku Nabi ke-26.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono menyebut bahwa dikeluarkannya DPO itu nantinya untuk diserahkan ke pihak Interpol.

"Bareskrim segera keluarkan DPO tentunya DPO ini akan diserahkan ke Interpol," papar Rusdi di Gedung Humas Polri, Jakarta, Senin (19/4).

Rusdi mengatakan, pihaknya akan segera mengeluarkan DPO terhadap Jozeph Paul Zhang itu guna menjadikan dasar pihak Interpol untuk menerbitkan Red Notice kepada yang bersangkutan.

"Dan DPO ini tentunya menjadi daasar Interpol terbitkan Red Notice," terang Rusdi.

Baca juga: MPR: Mepertentangkan dan Menghina Agama Bentuk Keterbelakangan

Saat ini, lanjut Rusdi, keberadaan Jozeph Paul Zhang berada di luar negeri. Rusdi menuturkan bahwa yang bersangkutan berada di di Negara Jerman.

Sebelumnya, seorang pria bernama Jozeph Paul Zhang mengaku sebagai nabi ke-26 di media sosial.

Tak hanya mengaku sebagai nabi, Joseph membuat sayembara bagi siapa pun yang bisa melaporkannya melakukan penistaan agama.

Ia membuat video dalam forum diskusi zoom. Kemudian, menggunggahnya ke akun channel Youtube miliknya, Jozeph Paul Zhang dengan tema "Puasa Lalim Islam" dengan tema "Puasa Lalim Islam" dengan durasi video 3 jam 2 menit. (OL-4)

BERITA TERKAIT