24 February 2021, 15:20 WIB

Kapolri: Hukum Jangan Tajam ke Bawah Tumpul ke Atas


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

MI/Agus Utantoro
 MI/Agus Utantoro
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo

KAPOLRI Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meminta Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto untuk menegakkan hukum yang berkeadilan.

Listyo menekankan agar kedepannya tidak ada lagi kesan dari masyarakat bahwa hukum seakan tajam ke bawah dan tumpul ke atas.

Hal itu disampaikan Listyo usai melantik Agus sebagai Kabareskrim Polri dan pejabat Polri lainnya di Gedung Awaloedin Djamin, Mabes Polri, Jakarta  Rabu (24/2).

Listyo menekankan kepada Agus selaku Kabareskrim Polri untuk mewujudkan hukum yang berkeadilan.

"Bapak Kabareskrim Polri tolong betul-betul dikawal bagaimana mewujudkan penegakan hukum yang berkeadilan. Karena di masyarakat masih didapati suasana kebatinan yang merasakan bahwa hukum itu tajam hanya ke bawah tapi tumpul ke atas," ungkap Listyo.

Baca juga : Stafsus Edhy Ungkap Ada Uang Titipan dari Perusahaan

Sementara itu, Listyo juga menitipkan pesan kepada Agus untuk mengedepankan upaya restorative justice terhadap beberapa kasus yang berkaitan dengan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE.

Namun, pihaknya juga akan bertindak tegas dan menegakkan hukum secara kuat terhadap masalah yang menyangkut keselamatan jiwa masyarakat dan berpotensi menimbulkan konflik horizontal.

"Sehingga kemudian rasa keadilan ini betul-betul kita wujudkan," tuturnya.

Pelantikan kali ini juga dilakukan kepada Komjen Arief Sulistyanto sebagai Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Kabaharkam) menggantikan Agus, Kalemdiklat Polri Komjen Rycko Amelza, dan Kepala Badan Intelijen (Kaba Intelkam) Polri Irjen Paulus Waterpaw.

Lalu, Kapolri juga melantik Koordinator Staf Ahli Kapolri (Korsahli) Irjen Martuani Sormin. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT