23 December 2020, 08:02 WIB

Dirut BTN akan jadi Wamen BUMN


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

Dok BTN
 Dok BTN
Pahala Mansury

PRESIDEN Joko Widodo akan melantik enam menteri baru di Istana Negara, Jakarta, pagi ini, Rabu (23/12). Selain menteri, Presiden juga dijadwalkan melantik wakil menteri (wamen) baru. Salah satunya yakni Dirut Bank Tabungan Negara (Bank BTN) Pahala Mansury yang akan menjadi Wakil Menteri BUMN mengisi posisi yang ditinggalkan Budi Gunadi Sadikin.

"Ada lima orang. Semua wamen dilantik juga bersama para menteri," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Rabu (23/12).

Heru mengatakan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Muhammad Herindra juga akan dilantik menjabat Wakil Menteri Pertahanan mengisi pos yang ditinggalkan Sakti Wahyu Trenggono.

Baca juga : Jokowi Tunjuk Irjen Petrus Golose Jadi Kepala BNN

Adapun keenam menteri yang sudah diperkenalkan ke publik sebelumnya yakni Tri Rismaharini, Sandiaga Uno, Budi Gunadi Sadikin, Yaqut Cholil Quomas, Sakti Wahyu Trenggono, dan Muhammad Lutfi.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini didapuk memimpin Kementerian Sosial menggantikan Juliari Batubara yang terjerat kasus korupsi bansos.

Adapun mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menggantikan Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Budi Gunadi menggantikan Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan.

Politikus PKB Yaqut Cholil Quomas mengisi pos Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi. Kemudian, Sakti Wahyu Trenggono menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang juga terjerat kasus di KPK.

Terakhir, Dubes RI untuk Amerika Serikat Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. (OL-2).

 

BERITA TERKAIT