22 November 2020, 15:32 WIB

TNI Copot Baliho Rizieq, PA 212: Terima Kasih sudah Membantu


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

 MI/Andri Widiyanto
  MI/Andri Widiyanto
.

KETUA Umum Persaudaraan Alumni 212 atau PA 212 Slamet Maarif menganggap penurunan baliho bergambar Rizieq Shihab oleh pasukan TNI sebagai bantuan. Karenanya, pihaknya mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang menurunkan baliho Rizieq Shihab.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi menurunkan baliho," ujar Slamet. Ucapan terima kasih dilontarkan Slamet lantaran pihak-pihak yang menurunkan baliho sudah sangat membantu.

Pasalnya, ia mengklaim massa pendukung Rizieq memang akan membersihkannya usai kepulangan Rizieq. Ditambah lagi rangkaian kegiatan acara penyambutan kepulangan Rizieq Shihab telah rampung.

Jadi, baliho itu juga tidak digunakan lagi. "Kami sangat terbantu untuk tidak perlu lagi membersihkan baliho tersebut," ungkapnya.

Sebelumnya, petugas gabungan dari TNI, Polri, dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menertibkan sejumlah baliho dan spanduk-spanduk tak berizin di Ibu Kota. Terdapat 500 personel gabungan dikerahkan untuk menurunkan baliho yang tersebar.

"Ini bagian dari kegiatan tiga pilar sebagai patroli pengamanan. Kami juga melakukan pelepasan baliho-baliho yang terpasang tidak sesuai aturan," terang Dandim 05/01 JP BS Kolonel Inf Luqman Arief yang memimpin kegiatan penurunan baliho.

Tak hanya personel gabungan, beberapa kendaraan taktis juga diturunkan dalam pengamanan di wilayah Jakarta Pusat. Sedianya ada empat panser anoa serta puluhan motor yang dikendarai, baik oleh petugas TNI maupun Brimob Polri.

Rute pengamanan yang dilakukan oleh petugas gabungan itu mulai dari arah Jalan Budi Kemuliaan, berbelok ke arah Jalan Abdul Muis, ke arah Pasar Tanah Abang, dan mengarah ke kawasan Petamburan.

Beberapa baliho yang ditertibkan di antaranya milik partai, milik Waskita, dan baliho sisa penyambutan Rizieq Shihab yang dipasang pendukungnya. "Dari jalur yang kami lewati kurang lebih ada 10 baliho liar yang kami amankan," ucapnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT