09 May 2019, 08:20 WIB

Penghitungan Suara Nasional Mulai 10 Mei


Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum

MI/ADAM DWI
 MI/ADAM DWI
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Nasional lanjutan atas Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 di Luar Negeri, di KPU, Jakarta

KPU menargetkan proses rekapitulasi penghitungan suara Pemilu Serentak 2019 nasional akan dimulai pada Jumat, 10 Mei 2019. Saat ini proses rekap suara dalam negeri baru sampai tingkat provinsi.

Komisioner KPU Viryan Azis mengatakan hampir semua provinsi mulai merekap suara.

Namun, dia mengakui sejumlah kabupaten/kota belum merampungkan proses itu.

Ia menyebut sejauh ini baru Gorontalo yang telah menyelesaikan proses rekapitulasi. Dia berharap hari ini ada provinsi lain yang menyelesaikan pro-ses rekap.

"(Rekap nasional) tidak mungkin (digelar) dengan satu (provinsi), harus ada beberapa provinsi yang sudah selesai," ujarnya.

Kemarin KPU masih melanjutkan rapat pleno penetapan rekapitulasi hasil perolehan suara di luar negeri.  Data terakhir Rabu, 8 Mei 2019, KPU sudah merekap dan menetapkan 93 wilayah kerja Panitia Penyelenggara Luar Negeri (PPLN).

Pasangan calon nomor 01 Jokowi-Ma'ruf Amin menang hampir di seluruh wilayah PPLN dengan jumlah daftar pemilih cukup signifikan.

Hasil tersebut seperti pada rekap data PPLN Singapura (Singapura), PPLN Hong Kong (Hong Kong), PPLN Johor Bahru (Malaysia), PPLN Taipei (Taiwan), dan PPLN Tawau (Malaysia).

PPLN Taipei sejauh ini menjadi wilayah yang paling banyak menyumbang suara untuk pasangan Jokowi-Amin.

Total ada 72.726 WNI yang menyumbangkan suara untuk kemenangan petahana, berbanding 11.412 suara yang didapat paslon penantang Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Selisih suara di antara kedua paslon bahkan mencapai 61.314 suara.

Selain itu, Jokowi-Amin cenderung meraih kemenangan di PPLN di negara maju, seperti PPLN San Francisco dan PPLN Los Angeles (Amerika Serikat), PPLN Tokyo (Jepang), PPLN Den Haag (Belanda), PPLN Berlin (Jerman), serta PPLN Perth dan PPLN Melbourne (Australia).

Pasangan Prabowo-Sandi sejauh ini baru menang di sembilan PPLN di negara Timur Tengah, seperti PPLN Karachi (Pakistan), PPLN Damaskus (Suriah), PPLN Istanbul dan PPLN Ankara (Turki), PPLN Doha (Qatar), serta PPLN Jeddah dan PPLN Riyadh (Arab Saudi), PPLN Kairo (Mesir), dan PPLN Khartoum (Sudan). (Ins/*/Mal/Pol/P-1)

BERITA TERKAIT