03 October 2023, 22:49 WIB

Toyota Mulai Kembangkan Ekosistem Mobilitas Kendaraan Elektrifikasi di Indonesia


Media Indonesia | Otomotif

TAM
 TAM
 

PT Toyota-Astra Motor (TAM) berkomitmen untuk menghadirkan ekosistem yang mendukung mobilitas kendaraan elektrifikasi yang terdiri dari Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Hybrid Electric Vehicle (HEV) Toyota sebagai bagian dari Total Mobility Solution yang lengkap dan berkelanjutan. Saat ini, BEV Toyota yang dipasarkan di Indonesia adalah Toyota bZ4X, sementara PHEV diwakili oleh All New RAV4 GR Sport PHEV. 

Tidak hanya bengkel resmi dengan standar Toyota global, Toyota xEV Ecosystem dibangun dalam bentuk fasilitas charging spot di outlet Toyota. Sementara ekosistem berupa Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot yang mudah diakses, aman, dan nyaman, disiapkan di berbagai area publik. asilitas Ultra Fast Charging Spot sedang disiapkan pula di area rest area Jalan Tol Trans Jawa untuk menjaga mobilitas jarak jauh xEV Toyota.

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy menyampaikan, Toyota xEV Ecosystem hadir dalam bentuk fasilitas charging spot untuk kendaraan elektrifikasi Toyota & Lexus jenis BEV dan PHEV secara gratis di 50 outlet Toyota yang akan terus bertambah seiring waktu. Fasilitas ini melengkapi bengkel resmi di seluruh Indonesia yang sanggup melakukan servis berkala dan perbaikan semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota. 

Baca juga: Enam Komunitas Toyota Gabung Kampanyekan Gerakan Udara Sehat untuk Indonesia

"Dengan visi continuous improvement, Toyota xEV Ecosystem disiapkan pula di area publik untuk memberikan kemudahan dan mendukung lifestyle pelanggan, serta terutama persiapan untuk di rest area Jalan Tol Trans Jawa demi meningkatkan daya jelajah xEV Toyota,” terang Anton, Selasa (3/10).

Toyota xEV Ecosystem dibangun guna memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk melakukan servis mobil dan charging baterai di bengkel resmi Toyota. Dengan jaringan workshop yang tersebar di Indonesia, pelanggan dapat mengisi ulang baterai secara gratis di fasilitas charging spot. Sudah ada 50 dealer Toyota yang memiliki fasilitas ini dan akan bertambah hingga 200 dealer di akhir 2023, serta lebih banyak lagi di tahun-tahun mendatang. Masing-masing outlet memiliki 1 unit AC Charger berdaya 22kW.

Untuk wilayah perkotaan, hadir Toyota xEV Ecosystem di area publik terpilih. Sebagai pilot project, saat ini tersedia fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di ASHTA Mal yang berada di kawasan eksklusif SCBD, Jakarta Selatan.

Baca juga: Kendaraan Elektrifikasi Dorong Ekspor Otomotif Nasional

Privilege Charging Spot merupakan fasilitas isi ulang baterai xEV, eksklusif untuk BEV dan PHEV Toyota. Tersedia 1 unit Ultra Fast Charger 120 kW (dengan 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO & AC Type 2 (22kW)) dan 2 unit AC Charger Type 2 (7kW) yang dapat dimanfaatkan secara gratis selama pelanggan berada di mal tersebut. Dengan tambahan total 8 titik parkir, Privilege Parking Spot merupakan area parkir yang disediakan khusus untuk semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota.

Toyota xEV Ecosystem memberikan solusi untuk meningkatkan daya jelajah BEV Toyota dengan mempersiapkan fasilitas Ultra Fast Charging Spot di rest area Jalan Tol Trans Jawa yang rencananya akan dilengkapi unit DC Ultra Fast Charger (UFC) berdaya 120kW.

Toyota xEV Ecosystem akan terus dibangun untuk mendukung mobilitas pelanggan. Rencananya paling lambat di 2025, outlet Toyota di seluruh Indonesia telah memiliki fasilitas charging spot berdaya 22kW. Termasuk pemasangan sekitar 5 unit UFC di outlet Toyota di sekitaran pulau Jawa.

Baca juga: Mobil Listrik Toyota bZ4X Dipercaya Jadi Transportasi Resmi KTT ASEAN

Untuk mempermudah mobilitas pelanggan perkotaan, Toyota akan membangun lebih banyak unit UFC 120kW di beberapa mal kota besar termasuk Jakarta, serta AC Charger 7kW dan 22kW. Sementara untuk menunjang mobilitas antar kota tanpa kendala kapasitas baterai xEV, Toyota akan mengoperasikan tambahan unit UFC 120kW bersama AC Charger 7kW dan 22kW di sejumlah rest area lainnya. (RO/S-3)

BERITA TERKAIT