25 September 2023, 20:18 WIB

Penggunaan Motor Listrik Ampuh Tekan Polusi Udara


Media Indonesia | Otomotif

Ist
 Ist
jika penggunaan motor listrik sudah masif di jalan raya, bisa menggantikan sepeda motor yag menggunakan BBM.

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di Indonesia.

Motor listrik ramah lingkungan dan mampu mengurai emisi karbon motor konvensional dinilai ampuh mengurangi polusi udara yang kian mengkhawatirkan. 

”Edukasi kepada masyarakat serta program-program penunjang seperti subsidi Rp 7 juta terus digencarkan untuk mengajak masyarakat beralih ke kendaraan listrik, mengingat polusi udara yang mengkhawatirkan belakangan ini,” jela Menhub saat menghadiri penandatanganan kontrak kerja sama United E-Motor dengan perusahaan Malaysia Artroniq Berhad di Jakarta, baru-baru ini.

Baca juga: Rangkul Lazada, Aizen Tawarkan Pembiayaan untuk Miliki Kendaraan Listrik

Menhub menjelaskan, pemerintah terus menggenjot ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, dengan harapan Indonesia bisa menjadi pusat pengembangan kendaraan listrik dunia. Tidak lagi sekedar produsen tapi harapannya tahun 2030 bisa mengekspor motor listrik ke luar negeri. 

Direktur PT Terang Dunia Internusa (TDI) Andrew Mulyadi optimistis industri motor listrik melaju pesat dengan dukungan pemerintah dan masyarakat.

Bisa Gantikan Sepeda Motor BBM

”Motor listrik ini produk yang sangat ramah lingkungan, bersih dan tanpa asap. Jika penggunaannya sudah masif di jalan raya dan bisa menggantikan motor BBM, otomatis kondisi udara akan semakin baik," kata Andrew dalam keterangan pers, Senin (25/9).

Baca juga: Hyundai Komitmen Ciptakan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

"Nah, untuk sampai kesitu, diperlukan dukungan dan komitmen besar secara bersama, baik pemerintah maupun masyarakat umum,” ujarAndrew. 

Baca juga: Gandeng Parking+, Mal Kota Kasablanka Hadirkan EV Charging Station

United E-Motor merupakan produk asli Indonesia yang telah mengaspal sejak akhir tahun 2020. Hingga kini, sudah empat tipe United E-Motor yang dirilis. TX3000, TX1800, T1800 dan MX1200.

Keempat tipe motor listrik tersebut memiliki TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) di atas 50% dan sudah mendapatkan bantuan pemerintah sebesar 7 juta.

Produk United E-Motor kini sudah bisa didapatkan di lebih dari 40 outlet resmi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Spesifikasi lengkap dapat dilihat di website www.unitedmotor.co.id. (RO/S-4)

BERITA TERKAIT