29 November 2022, 22:17 WIB

UD Trucks Indonesia Juarai Gemba Challenge 2022 di Jepang


RO | Otomotif

UD TRUCKS INDONESIA
 UD TRUCKS INDONESIA
 

MENANGANI permasalahan komersial tidak dapat dilakukan sendiri. Selain riset produk oleh para teknisi yang mumpuni di bidangnya, kinerja mekanik tetap menjadi komponen utama keberhasilan purnajual UD Trucks di seluruh dunia. Oleh karena itu, tahun ini UD Trucks Indonesia mempererat koordinasi dan kolaborasi lintas sektor untuk maju pada babak Gemba Challenge 2022 di Ageo, Jepang bersama dengan Astra UD Trucks dan United Tractors.

Kompetisi final Gemba Challenge 2022 adalah sebuah ajang kompetisi purnajual untuk para mekanik UD Trucks di seluruh dunia yang digelar di Jepang. Ajang dua tahunan ini menobatkan purnajual dari tim UD Trucks Indonesia sebagai juara pertama dan kedua.

Upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) baik untuk pelayanan penjualan maupun purnajualnya di industri angkutan truk menjadi tantangan yang umum di semua pelaku industri. Kompetisi Gemba Challenge tidak hanya menguji kemampuan mekanik, staf bagian suku cadang dan pelayanan pelanggan, tetapi juga bertujuan mempromosikan semangat tim dengan mendorong tim untuk memecahkan masalah bersama. 

Meningkatkan keterampilan mekanik dan memperkuat kolaborasi staf frontline menjadi kunci untuk meningkatkan waktu kerja, yang juga mengarah pada peningkatan pelayanan pelanggan pada akhirnya dapat menciptakan sistem logistik yang lebih cerdas.

“Gemba Challenge tahun ini merupakan kegiatan pertama setelah pandemi covid, sehingga tidak terbayangkan antusias para peserta dalam menyambut kehadiran kompetisi purnajual yang terbesar dari seluruh dunia. Jelas terlihat semangat 'Gemba Spirit' — yaitu profesionalitas, penuh gairah, dan dapat diandalkan," ujar Aftersales Service Manager UD Trucks Indonesia Ali Rachman, Selasa (29/11).

Semangat ini menurut Ali telah mendorong semua yang ada di UD Trucks untuk terus memberikan kualitas tinggi dari pelayanan purnajual kepada pelanggan sejak awal berdiri perusahaan. "Dalam konteks ini, rekan kerja UD bagian lini depan yang berpartisipasi dalam kompetisi ini telah mewakili UD Gemba Spirit dengan baik,”, paparnya.

Gemba Challenge 2022 adalah kompetisi keempat sejak 2014, dan sudah diikuti oleh  lebih dari 2.000 peserta perwakilan UD Trucks dari berbagai negara. Setelah 4 tahun vakum, tahun ini 6 hub (regional) kembali berkompetisi untuk menjadi tim purnajual yang terbaik di dunia. babak kualifikasi dimulai pada Februari 2022 dengan dua putaran pertama yang dilakukan secara online (teori) dan putaran final yang digelar secara langsung di UD Experience Center, Ageo, Jepang pada 9-10 November 2022.

Di putaran final ini tersaring 6 tim, yaitu 2 tim dari Indonesia, serta sisanya masing-masing satu tim dari Afrika Selatan, Arab Saudi, Thailand, dan Filipina yang berkompetisi menunjukkan keterampilan dan pengetahuan dalam penyelesaian masalah pada kendaraan heavy duty Quester.

Di Final Gemba Challenge 2022, Indonesia menurunkan dua tim, yaitu ID team dari United Tractors yang berhasil menjadi juara pertama dan tim Keciwis dari Astra International Sales Operations yang berhasil menjadi juara kedua.

“Saya merasa sangat bangga bahwa semua tim mekanik UD Trucks utusan dari Indonesia dapat meraih kemenangan sebagai juara dalam kompetisi Gemba Challenge yang diselenggarakan secara global. Kontes ini merupakan bukti nyata bahwa seluruh sumber tenaga manusia di Indonesia dapat bekerja sama dalam memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standar global dan dapat memenuhi tingkat kepuasan yang tinggi bagi pelanggan setia produk UD Trucks di Indonesia,” ujar Vice Presiden Director UD Astra Motor Indonesia Rachmat Samulo. (S-4)

BERITA TERKAIT