29 September 2022, 19:15 WIB

Bedah Fitur Keselamatan Daihatsu Rocky


RO | Otomotif

Dok. ASTRA DAIHATSU MOTOR
 Dok. ASTRA DAIHATSU MOTOR
.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali memaparkan berbagai fitur unggulan yang dimiliki oleh SUV kompak Daihatsu Rocky. Kendaraan berkapasitas lima penumpang ini hadir bagi konsumen yang berjiwa muda dan aktif dan merupakan model Daihatsu pertama di Indonesia yang menerapkan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture), serta dilengkapi dengan fitur keselamatan ASA (Advanced Safety Assist), pada varian tertingginya.

Setelah mendapatkan penyegaran sisi eksterior pada ajang pameran otomotif GIIAS 2022 yang lalu, Daihatsu Rocky tampil semakin sporty dengan aksen hitam pada area gril bagian depan, bodi spion samping (outer mirror), serta Black Alloy wheel 16 inci untuk varian 1.2 X dan juga Gun Metal Skid Plate. Tampilan eksterior ini dilengkapi dengan fitur terkini seperti Front LED Headlamp, Rear LED Combi Lamp, serta Rear Spoiler with High Mount Stop Lamp (HMSL). Pada bagian kaki-kakinya, Rocky juga dilengkapi dengan Polished Alloy Wheel berdiameter 16 dan 17 inci tergantung varian, yang membuat tampilan Daihatsu Rocky semakin terlihat tangguh.

Bagian interior menghadirkan desain dasbor 'cockpit drive feeling' yang nyaman dan modern. Pada bagian meter cluster telah menggunakan teknologi Full Digital dengan 4 mode tampilan yang dapat dipilih sesuai dengan style dan selera penggunanya. Daihatsu Rocky juga memberikan tempat penyimpanan beragam, mulai dari laci penyimpanan pada kursi penumpang depan, seat under tray, front console storage, front console box, door pocket bottle holder, dan folded cup holder.

Melengkapi tampilan yang trendi, Daihatsu Rocky hadir dengan dua plihan mesin, yaitu 1.0L berteknologi Turbocharged yang memberikan performa dan akselerasi layaknya mesin dengan kapasitas lebih besar, serta 1.2L yang bertenaga dan tetap irit bahan bakar. Penyematan Dual Mode CVT pada Rocky, membuat aktivitas berkendara menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Yang tak kalah penting pada Daihatsu Rocky adalah teknologi keselamatan yang terdapat khusus pada varian ASA. Sesuai namanya, fitur Daihatsu ASA ini bekerja dengan menggunakan sensor stereo camera yang dapat mendeteksi objek di depan mobil, lalu memberikan peringatan jika mobil dalam potensi bahaya. 

Adapun fitur ASA ini memiliki 6 fungsi, yaitu:
- Pre-Collision Warning, yang berfungsi memberikan peringatan berupa bunyi ketika mobil akan menabrak;
- Pre-Collision Braking, yang berfungsi memberikan asistensi dalam hal pengereman ketika mobil akan menabrak; 
- Pedal Misoperation Control, yang berfungsi melakukan kontrol pada pedal gas ketika pengemudi salah menginjak (bermaksud menginjek pedal rem, namun menginjak pedal gas);
- Front Departure Alert, yang berfungsi memberikan peringatan berupa alarm ketika kendaraan di depan sudah bergerak (biasanya pada saat lampu merah atau kemacetan); 
- Lane Departure Warning, yang berfungsi memberikan peringatan berupa bunyi ketika pengemudi melenceng dari jalur; 
- Lane Departure Prevention, yang berfungsi memberikan asistensi gerak mobil agar kendaraan tetap melaju di dalam jalur.

Selain ASA, Daihatsu Rocky juga dibekali dengan rear parking camera dan back sonar yang dapat membantu visibilitas pengendara saat bermanuver mundur. Rocky juga dilengkapi dengan SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, ABS (Anti-Lock Brake System), dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution), serta VSC (Vehicle Stability Control), dan HSA (Hill Start Assist) tergantung varian dan tipe transmisi yang dipilih.

“Dapat dikatakan, Daihatsu Rocky sudah memiliki standard teknologi keselamatan yang tinggi. Dengan demikian, Sahabat bisa menikmati aman dan nyamannya berkendara bersama Daihatsu Rocky,” ujar Product I Department Head ADM Dendy Triyanto, Kamis (29/9). (S-4)

BERITA TERKAIT