23 August 2022, 20:52 WIB

Persaingan Ketat Terjadi Jelang Final Kompetisi e-Motorsport TOYOTA GAZOO Racing GT Cup 2022


Mediaindonesia.com | Otomotif

Dok. Toyota Astra Motor
 Dok. Toyota Astra Motor
Ajang Toyota Gazoo Racing GT Cup 2022

TOYOTA berkomitmen untuk memajukan motorsport Indonesia dengan menurunkan tim balap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) di berbagai ajang balap nasional.

Tidak berhenti di situ, sejalan dengan semakin menguatnya minat masyarakat terhadap kompetisi motorsport yang berbasis virtual, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan kompetisi e-Motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR) GT Cup sejak 2021 lalu. 

Melihat respon positif yang diberikan oleh atlet e-Sport dan para penggemarnya, Toyota kembali menggelar TGR GT Cup 2022 untuk menghadirkan Joy of GAZOO Racing (GR) pada seluruh masyarakat, sekaligus menjadi wadah bagi para atlet e-Sport untuk dapat mengembangkan talentanya.

“TOYOTA GAZOO Racing GT Cup 2022 merupakan kompetisi e-Motorsport Toyota Global yang kami bawa dan kompetisikan di Indonesia. Bekerjasama dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia) sebagai organisasi induk dari olahraga bermotor di Indonesia, kami harap kegiatan ini dapat berkontribusi dalam pengembangan e-Motorsport di Indonesia, sekaligus memberikan kesempatan bagi atlet e-Sport nasional untuk mengembangkan skill dan pengalamannya dengan membawa mereka berkompetisi hingga tingkat Asia, bahkan global,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy.

TGR GT Cup 2022 diikuti oleh atlet e-Sport dan masyarakat Indonesia dengan usia di atas 13 tahun yang memiliki minat di e-Motorsport. Kompetisi TGR GT Cup 2022 diakses melalui gaming platform GRAN TURISMO 7 yang dapat dimainkan dengan gaming console Playstation 4 dan Playstation 5. 

Gim itu memberikan atmosfir balap layaknya di sirkuit, di mana pemain dapat merasakan keseruan balap khas dunia nyata. Sehingga skill mengemudi pemain dapat terasah dengan baik, termasuk skill dalam menemukan setelan terbaik untuk mobil balap Toyota yang digunakan sesuai dengan kondisi sirkuit.

Para peserta TGR GT Cup 2022 telah berkompetisi di babak kualifikasi pada 6 Agustus 2022 silam dengan menggunakan Toyota GR86 di sirkuit fiksi Tokyo Expressway South. 

Dari hasil kualifikasi, terpilih 20 pemenang yang dibagi dalam dua kelas, yaitu Rookie Class untuk 10 peserta dan Rising Star Class untuk 10 peserta. Semuanya melaju ke babak kompetisi pertama, kedua, hingga babak final yang rencananya akan diadakan secara tatap muka pada 4 September 2022 dan akan ditayangkan secara live streaming di official Youtube channel Toyota Indonesia.

Pada 13 Agustus 2022, seluruh peserta telah mengikuti TOYOTA GAZOO Racing GT Cup 2022 Putaran Pertama dengan menggunakan Toyota GR Supra di Fuji International Speedway. 

Baca juga : Toyota Berhasil Pasarkan 5.434 Unit  di GIIAS 2022

Balapan berlangsung sangat ketat di mana semua peserta yang berlaga berusaha memaksimalkan skill mengemudi terbaiknya untuk meraih posisi terdepan. 

Tampil sebagai 3 besar di Rookie Class adalah Kevin Qadri Kurniawan Ma’ruf (P1), Niko Falah (P2), dan Gregorius Nathan Syailendra (P3). Sementara di Rising Star Class, juaranya adalah Moreno Pratama (P1), Andika Rama Maulana (P2), dan Pradana Yogatama (P3).

Lanjut pada 20 Agustus 2022, seluruh peserta mengikuti TOYOTA GAZOO Racing GT Cup 2022 Putaran Kedua dengan menggunakan Toyota GR Yaris di Autopolis International Racing Course. Kompetisi kembali berlangsung sangat ketat, apalagi GR Yaris memiliki karakter rally car yang sangat lincah dan cekatan di arena balap sehingga membuat persaingan berlangsung seru hingga finish. 

Tampil sebagai 3 besar di Rookie Class adalah Kevin Qadri Kurniawan Ma’ruf (P1), Yehezkiel Des Noel (P2), dan Niko Falah (P3). Sementara di Rising Star Class, juaranya adalah Andika Rama Maulana (P1), Pradana Yogatama (P2), dan Moreno Pratama (P3).

Hasil lomba putaran kedua membuat peringkat pembalap masing-masing kelas begitu ketat. Untuk Rookie Class, klasemen sementara pembalap adalah Kevin Qadri Kurniawan Ma’ruf (26 Points), Niko Falah (18 Points), serta Gregorius Nathan Syailendra dan Dean Putro Dewanto (14 Points). Sementara untuk Rising Star Class, urutannya adalah Andika Rama Maulana (22 Points), Moreno Pratama (21 Points), dan Pradana Yogatama (19 Points). 

Peringkat sementara itu membuat persaingan di babak final akan berlangsung sangat kompetitif mengingat masing-masing peserta masih memiliki peluang untuk menjadi juara tingkat nasional.

Selanjutnya, seluruh peserta akan berlomba terakhir kali pada babak final yang direncanakan berlangsung pada 4 September 2022. Dalam event yang diselenggarakan secara tatap muka ini, mereka akan mengemudikan Toyota GR010 HYBRID sebagai juara dunia balap ketahanan World Endurance Championship (WEC) di Circuit de la Sarthe. 

Pemenang TOYOTA GAZOO Racing GT Cup 2022 dengan poin terbanyak hingga babak final akan melaju ke kompetisi tingkat Asia Finals di bulan Oktober 2022. Jika menang lagi, maka berpeluang untuk melaju ke tingkat Global Finals di bulan November 2022.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh atlet e-Sport dan masyarakat yang telah berpartisipasi aktif di TGR GT 2021. Bahkan banyak diantaranya pun kembali berkompetisi di TGR GT Cup 2022. Dengan melibatkan e-Motorsports sebagai salah satu pilar kegiatan GAZOO Racing di Indonesia, kami dapat turut menyebarkan Joy of GR kepada seluruh masyarakat yang turut menyaksikan jalannya balapan melalui official Youtube channel Toyota Indonesia,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Fumitaka Kawashima. (RO/OL-7)

BERITA TERKAIT