28 July 2022, 20:05 WIB

Chery Siap Bangun Pabrik di Indonesia


RO | Otomotif

Chery Motor Indonesia
 Chery Motor Indonesia
.

PADA kunjungan hari pertama Presiden Joko Widodo ke Beijing, Tiongkok, pada  Senin (25/7), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, melakukan pertemuan dengan Executive Vice President Chery International Zhang Shengsan di Diaoyutai State Guesthouse, Beijing. 

Pada kesempatan tersebut, kedua pihak membicarakan rencana investasi Chery International di Indonesia senilai hampir US$1 miliar untuk aktivitas produksi dan manufakturing dengan perkiraan kapasitas mencapai 200.000 kendaraan per tahun. Dalam pembicaraan ini, kedua menteri menyambut positif rencana investasi Chery di Indonesia. 

Zhang menyatakan, untuk mencapai target produksi dan manufaktur 200.000 kendaraan, investasi akan dilakukan dalam empat tahap. tahapan awal dimulai tahun ini melalui kucuran dana senilai US$40 juta dan diproyeksikan untuk mencapai jumlah produksi 20.000 unit per tahunnya. 

Zhang berjanji, Chery akan menggenapkan total investasi hingga mendekati US$1 miliar AS pada investasi tahap keempat di 2028, sehingga dapat mengoptimalkan jumlah produksi mencapai 200.000 unit per tahun. 

"Jumlah produksi kendaraan Chery di Indonesia juga akan berdampak kepada pembukaan lapangan pekerjaan pada sektor hulu dan hilir sebanyak 20.000 orang,” iujar Charlie di Beijing, Rabu (27/7).

Pada kesempatan yang sama, Charlie juga menyampaikan rencana investasi Chery untuk pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Menurutnya, Indonesia yang memiliki cadangan nikel tertinggi di dunia, akan sangat berperan dalam pengembangan industri kendaraan energi terbarukan. 

Ke depannya, produk Chery di pasar Indonesia juga akan didominasi oleh model-model pure electric dan plug-in hybrid, dengan total sembilan model. (S-4)

BERITA TERKAIT