27 June 2022, 21:49 WIB

Chery Perkenalkan Inovasi Fitur Perintah Suara


RO | Otomotif

CMI
 CMI
.

INOVASI dan teknologi telah membuat perangkat elektronik dan manusia berinteraksi semakin luwes dan mulus, termasuk yang dikembangkan untuk kendaraan roda empat. Salah satunya adalah fitur perintah suara atau voice command.

Chery, produsen otomotif premium asal Tiongkok juga telah mengembangkan fitur voice command yang disebut dengan Chery Intelligence Voice Assistance (CIVA). Kehadirannya adalah untuk mendukung keselamatan pengendara agar terhindar dari distraksi saat mengemudi dan memudahkan pengguna dalam mengaktifkan fitur-fitur yang dimiliki Chery.

Selain itu, voice command juga dapat mendukung kesehatan pengguna mobil karena dapat terhindar dari virus, kuman, atau bakteri yang mungkin saja menempel pada tombol-tombol aktivasi.

Dilansir oleh Transport Research Laboratory (TRL) Inggris, pengemudi jauh lebih nyaman menggunakan sistem yang diaktifkan suara atau voice command karena minim gangguan/distraksi. Teknologi voice command yang disematkan pada mobil memungkinkan pengemudi maupun penumpang mampu mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa fitur di mobil hanya melalui ucapan.

Kecanggihan fitur teknologi perintah suara kini bukan hanya ada di kendaraan-kendaraan mewah dari benua Eropa. Meski sudah mulai tersedia di Indonesia, namun belum seluruh mobil produk baru mengadopsi fitur canggih ini. Salah satu kendaraan Chery yang sudah mengaplikasikan perangkat voice command, yakni Tiggo 7 Pro

“Chery Intelligence System Assistance (CIVA) hanyalah satu dari sekian banyak inovasi teknologi yang kami sematkan pada Tiggo 7 Pro. Namun, kami telah mengembangkan sedemikian rupa agar fungsi voice command ini menjadi efektif dan mendukung kenyamanan, serta keamanan pemilik mobil, serta mendukung keseluruhan smart ecosystem yang sudah ada,” ujar President Director PT Chery Motor Indonesia (CMI) Tao Yong.

Sebagai salah satu fitur yang mendukung smart ecosystem pada Tiggo 7 Pro, CIVA membuat penggunanya bisa mengoperasikan berbagai fitur kendaraan, seperti AC, jendela, panoramic sunroof, mengakses fitur hiburan seperti musik atau radio, dan melakukan panggilan telepon.

Ada beberapa cara untuk mengaktifkan voice command pada Tiggo 7 Pro, yaitu melalui layar LCD yang terdapat pada head unit atau setir pengemudi. Jika sudah diaktifkan, pengemudi atau pun penumpang dapat memulai perintah dengan mengucapkan 'Halo Chery' atau 'Halo Tiggo' lalu ucapkan perintah selanjutnya dengan spesifik..

Salah satu yang paling unik dari fitur ini adalah ketika CIVA mampu mengoperasikan panoramic sunroof. Dengan tambahan fitur anti-pinch, panoramic sunroof dapat dinikmati dengan lebih nyaman dan aman karena bisa menghindari penumpang dari cedera. 

Panoramic sunroof yang memiliki area pencahayaan hingga 1,13 m², memungkinkan penumpang dapat menikmati pengalaman seru melihat pemandangan langit biru. Kaca pada sunroof yang luas hingga ke bangku penumpang memberikan efek perlindungan 100%, secara efektif mengisolasi sinar matahari yang terik di musim panas saat melakukan perjalanan bersama Tiggo 7 Pro.

Untuk mempelajari smart ecosystem yang dimiliki oleh Tiggo 7 Pro, termasuk CIVA, konsumen otomotif Jakarta dapat hadir pada Tiggo 7 Pro Mall Roadshow yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juni sampai 3 Juli 2022 di atrium PIK Avenue, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. (S-4)

BERITA TERKAIT