08 June 2022, 22:27 WIB

MINI Resmi Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia


RO | Otomotif

BMW GROUP INDONESIA
 BMW GROUP INDONESIA
.

MINI Indonesia menghadirkan kendaraan full listrik premium kompak  MINI Electric yang menggabungkan mobilitas berkelanjutan dengan keseruan berkendara ala go-kart. MINI Electric ditawarkan dalam dua varian: MINI Electric dan MINI Electric Collection dan dapat mulai dipesan oleh pelanggan secara langsung di MINI Exhibition yang berlokasi di Main Atrium PIK Avenue mulai dari 8 hingga 12 Juni 2022.

Menurut Head of MINI Asia Kidd Yam, MINI Electric yang diambil dari basis MINI 3 Doors ini adalah MINI ikonik yang tetap mempertahankan semua nilai historis MINI, yang ditambah dengan sentuhan masa depan. MINI Electric memadukan sensasi go-kart legendaris, desain khas, dan kualitas premium dengan pengalaman mengemudi bebas emisi. 

"Motor listrik 135 kW/184 hp yang dipasang bagian bawah, memberikan pusat gravitasi ekstra rendah, yang tidak hanya meningkatkan stabilitas dan pengendalian – tetapi membuat setiap tikungan lebih menyenangkan dari sebelumnya. Ini adalah MINI yang paling intens – dan paling berevolusi," ungkap Kidd Yam.

Banyak fitur baru dan pengalaman istimewa yang menurut Kidd Yam, hanya bisa didapatkan dari kendaraan full listrik, seperti penyaluran tenaga yang spontan, torsi yang kuat, serta akselerasi responsif.

Perpaduan tenaga setara 184 hp dikombinasi kekuatan torsi sebesar 270 Nm membuat mobil listrik ini berakselerasi dari 0-60 km/jam dalam 3,9 detik dan 0-100 km/jam dalam 7,3 detik, tanpa jeda dan tanpa gangguan perpindahan gigi yang inamis namun lembut.

MINI Electric dipersenjatai baterai lithium-ion khusus terdiri dari sel lithium-ion yang dibagi menjadi 12 modul berbentuk huruf T di bagian dasar mobil. Dengan total kapasitas 28.9 kWh, baterai ini dapat dipakai untuk menjelajah hingga 232 km (WLTP). Dengan bobot tanpa muatan 1.365 kilogram, MINI Electric hanya lebih berat sekitar 150 kilogram dari MINI Cooper S 3 Doors.

Dengan penempatan baterai di lantai, membuat kompartemen bagasi sama seperti MINI 3 Door yaitu 211 liter, yang dapat ditingkatkan menjadi 731 liter ketika sandaran belakang dilipat ke bawah. Satu-satunya perbedaan adalah pada ketinggian kendaraan, yaitu sekitar 18 mm lebih tinggi daripada model bertenaga konvensional.

Pengisian daya bisa dilakukan dengan beberapa cara. Dengan MINI Wallbox di rumah ataupun pengisian umum seperti di mall, café, hotel, dan sebagainya dengan daya pengisian 11kW membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam untuk mengisi 80% daya baterai. Sementara dengan travel charger 2,3kW membutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk mengisi 80% daya. Sedangkan dengan DC atau fast charging 50kW membutuhkan sekitar 36 menit untuk mengisi 80% daya.

"Kehadiran MINI Electric, menjadikan sekali lagi MINI menjadi pelopor dalam mobilitas perkotaan. MINI Electric membuka jalan menuju pengalaman berkendara yang berkelanjutan dan tetap tawarkan desain yang unik khas MINI serta tegaskan komitmen BMW Group Indonesia untuk menjadikan tahun 2022 sebagai The Year of E-Mobility," ujar President Director BMW Group Indonesia Ramesh Divyanathan dalam sambutannya, Rabu (8/6).
 
MINI Electric dan MINI Electric Collection masing-masing ditawarkan dengan harga Rp945 juta dan Rp955 juta off-the-road. Harga ini sudah termasuk MINI wallbox, kabel untuk public charging, serta travel charger, termasuk biaya pemasangannya.

BERITA TERKAIT