25 March 2022, 20:57 WIB

Mengintip Teknologi Ramah Lingkungan Fuso Euro4


Mediaindonesia.com | Otomotif

MI/NURTJAHYADI
 MI/NURTJAHYADI
.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) secara resmi meluncurkan 29 produk terbaru Fuso Euro4 yang terdiri dari 15 varian Canter dan 14 varian Fighter X. Sesuai namanya kedua model tersebut kini dibekali sederet teknologi pengendali emisi yang membuatnya memenuhi standar emisi Euro4.

Usai meluncurkan rangkaian produknya secara virtual kemarin, KTB hari ini mengundang sejumlah jurnalis untuk menyaksikan langsung kedua model baru dalam acara Press Conference Fuso Euro4 di lahan parkir ICE BSD City, Tangerang Banten, Jumat (25/3).

Dalam presentasinya, 3S Training Departement of KTB Ilham Hamdani menjelaskan bahwa Canter dan Fighter baru kini dilengkapi sistem commonrail, Diesel Oxidation Catalyst (DOC), dan Exhaust Gas Recirculation (EGR). Khusus untuk Fighter X masih ditambah dengan Positive Crankcase Ventilation, dan Variable Geometry Turbocharger plus Intercooler yang membuat performanya lebih kuat.

Commonrail merupakan sistem pasokan injeksi bahan bakar yang bekerjanya diatur oleh perangkat elektronik (Electronic Control Unit/ECU) sehingga proses pembakaran jauh lebih baik yang menghasilkan performa sekaligus efisiensi yang optimal.

EGR berfungsi mereduksi gas buang Nitrogen Oksida (NOx) yang membuat mesin lebih ramah lingkungan. Sedangkan DOC berfungsi memecah polutan gas buang berbahaya dan menguraikannya sehingga lebih aman bagi lingkungan.

Ilham mengatakan, berkat seluruh teknologi yang diterapkan tersebut, rangkaian mesin baru Canter bertipe 4V21 mampu menghasilkan tenaga mulai 108 PS, 136 PS, hingga 150 PS dengan torsi maksimal 300 Nm dan 420 Nm.

Untuk Fighter yang mengusung mesin berkode 6M60 juga dibekali dengan teknologi yang sama seperti mesin Canter. Selain itu mesin 6M60 Fighter X juga dilengkapi Turbo model variable (VGT) yang dapat mengurangi gejala turbolag pada saat melakukan akselerasi. Alhasil tenaga mesin dapat dicapai pada rpm rendah dengan rentang putaran mesin yang lebar. 

Performa mesin semakin optimal dan efisien berkat disematkannya perangkat Intercooler. Efeknya mesin berkapasitas 7.545 cc ini mampu menghasilkan daya 240 PS dan 270 PS dan torsi maksimal 785 Nm dan 880 Nm.

"Untuk menekan emisi gas buangnya, selain dengan EGR dan DOC, mesin 6M60 juga dibekali tambahan pengendali emisi Positive Crankcase Ventilatio untuk mereduksi sisa gas buang yang tidak terbuang sehingga mengurangi polusi udara," ujar Ilham.

Ilham menambahkan, Fighter X baru kini dilengkapi bangku dengan suspensi udara di seluruh varian yang mendukung kenyamanan pengemudi saat berkendara. Untuk meningkatkan eergonominya, roda kemudi Fighter X dilengkapi fitur telescopic dan tilt steering. Bahkan untuk varian tertentu sudah dilengkapi dengan kamera mundur untuk meningkatkan keamanan dan kemudahan saat parkir dan bermanuver.

Untuk sisi safety, Fighter X dilengkapi sistem pengereman Full Air Brake dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) yang hadir di semua varian, yang meningkatken keamanan berkendara.

Meskipun dibekali berbagai teknologi baru, pihak KTB menjelaskan bahwa konsumen tidak perlu khawatir soal pemeliharaan dan perawatan Fuso berstandar Euro4 ini karena sebagian besar komponennya identik dengan versi Euro2 yang dipasarkan sebelumnya.

Hal ini diungkap oleh Aji Jaya Selaku Vice President Of Sales & Marketing KTB di acara Press Conference & Test Drive Fuso Euro4, "Konsumen tidak perlu khawatir soal perawatan dan ketersediaan suku cadang, Karena suku cadangnya 80% komponen dibawa dari versi Euro2-nya," ujar Aji. (S-4)

BERITA TERKAIT