09 March 2022, 20:40 WIB

Hino Indonesia Luncurkan Seluruh Lini Produk Berstandar Euro4


Mediaindonesia.com | Otomotif

HMSI
 HMSI
.

PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), mengumumkan diluncurkannya seluruh lini produk kendaraan niaga Hino, baik jenis truk maupun bus, yang semuanya telah dilengkapi mesin berstandar emisi Euro4. Kunci untuk dapat memenuhi standar Euro4 adalah teknologi common rail yang diterapkan pada mesin dieselnya.

Mengimbangi hadirnya teknologii ini, HMSI juga menyiapkan infrastruktur untuk mendukung layanan sales, after sales hingga ketersediaan spareparts yang menjamin kendaraan konsumen tetap beroperasi secara optimal, termasuk mempersiapkan produksi, peralatan teknis, hingga kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang menanganinya.

Presiden Direktur HMSI Masato Uchida mengatakan, seluruh kendaraan Hino Euro4 telah siap membantu operasional bisnis menjadi lebih mudah, karena Hino tangguh di jalan dan siap meningkatkan keuntungan di tangan.

“Kendaraan yang hari ini kami luncurkan, tidak hanya memenuhi regulasi Euro-4. Namun, untuk menguatkan posisi Hino sebagai pemimpin pasar yang terus berkontribusi untuk kemajuan dan pengembangan transportasi di Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” ujar Uchida san pada acara peluncuran lini kendaraan Hino terbaru di Purwakarta, yang digelar secara offline maupun online, Rabu (9/3).

Berbagai fitur canggih disematkan pada kendaraan Hino Euro4, mulai dari sasis yang kuat teruji di lapangan, gross vehicle weight (GVW) yang lebih optimal, sistem pengereman yang reponsif menggunakan full air brake dan ABS, hingga sistem penyaringan bahan bakar dengan mekanisme tiga tahap, serta fuel injector Diamond Like Carbon (DLC) yang lebih tahan terhadap keausan.

COO–Director HMSI Santiko Wardoyo mengatakan, truk dan bus Hino Euro-4 memiliki transmisi dan mesin baru common rail. Mesin anyar ini tidak hanya kuat dan tangguh di segala medan, tapi juga memiliki emisi gas buang ramah lingkungan.

"Mesin common rail Hino sudah dilengkapi Diesel Oxidation Catalyst (DOC) untuk mengurangi emisi gas buang karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC). Selain itu terdapat Exhaust Gas Recirculation (EGR) untuk menurunkan kadar emisi gas buang NOx dan Selective Catalytic Reduction (SCR) untuk model tertentu," ungkap Santiko.

Selain itu, mesin-mesin terbaru Hino Euro4 kini juga mengadopsi teknologi perangkat turbo yang biasa diterapkan pada kendaraan penumpang, yaitu Variable Nozzle Turbo (VNT) yang membuat tenaga dan torsi maksimal mesin berada pada rentang putaran lebih lebar.

Kinerja mesin juga diatur oleh perangkat electronic control unit (ECU) generasi terbaru yang membuat mesin common rail Hino tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga memiliki efisiensi bahan bakar yang baik, dan menghasilkan suara mesin halus serta minim getaran.

Presiden Direktur PT Hino Motors Manufactruing Indonesia (HMMI) Masahiro Aso, mengingatkan, bahwa untuk mencapai target emisi gas buang yang ditetapkan, sebaiknya menggunakan bahan bakar solar dengan Cetane Number 51 dan kandungan sulfur tidak lebih dari 50 ppm. 

"Untuk itu HMMI memberikan jaminan kualitas atas kendaraan Hino yang dihasilkan saat ini, karena Hino Indonesia telah berpengalaman dalam memproduksi kendaraan Euro 4 untuk pasar ekspor," imbuh Aso san.

Melalui acara peluncuran ini sekaligus menandai bahwa seluruh lini produk Hino terbaru mulai dari light-duty truck (MDT) Hino Dutro, medium-duty truck (MDT) Hino Ranger, heavy-duty truck (HDT) Hino Profia, dan Hino Bus, kini sudah memenuhi standar Euro4. Langkah ini merupakan wujud dukungan Hino terhadap kebijakan Pemerintah Indonesia yang akan menerapkan standar Euro4 pada April mendatang dalam upaya untuk menciptakan lingkungan hidup yang lebih baik. (S-4)

BERITA TERKAIT