23 January 2022, 00:40 WIB

Rifat Sungkar Ungkap Keunggulan CVT Pada Mitsubishi New Xpander


Mediaindonesia.com | Otomotif

Mitsubishi.motors.co.id
 Mitsubishi.motors.co.id
.

NOVEMBER 2021 lalu, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) resmi meluncurkan Xpander facelift pertamanya. Selain tampilan wajah yang baru, New Xpander menghadirkan beberapa penyempurnaan dari versi sebelumnya.

Diantara penyempurnaan yang tidak terlihat ada pada ubahan karakter suspensi yang sudah diracik ulang untuk lebih memberikan kenyamanan dalam perjalanan. Ubahan yang paling signifikan, justru ada pada bagian transmisi yang kini menganut model Continuously Variable Transmission (CVT).

Seperti kita ketahui, transmisi CVT memiliki berbagai keunggulan. Mulai dari perpindahan rasio transmisi yang jauh lebih halus yang membuat berkendara menjadi lebih nyaman, serta sangat efektif menyalurkan daya di hampir seluruh rentang putaran mesin yang membuat kendaraan lebih efisien dalam mengonsumsi bahan bakar.

Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia Rifat Sungkar mengungkapkan bahwa CVT sudah jadi teknoloigoi wajib untuk mobil-mobil saat ini, karena menurutnya transmisi CVT memiliki friksi yang sangat kecil.

"Dengan firiksi yang sedikit, mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan. Kemarin saya sempat mencoba (New Xpander) beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan. Yang sangat berasa adalah saat mencapai 3.000 ke 3.500 rpm. Di situ seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali," ungkap Rifat di acara ngobrol virtual yang digelar November lalu.

Selain itu, transmisi CVT pada Mitsubishi New Xpander sudah dirancang untuk dapat memberikan kemampuan menanjak yang lebih baik. Selain memang karakternya yang sangat efisien dalam menyalurkan tenaga, CVT pada New Xpander juga sudah dilengkapi dengan fitur traction control. Fitur ini berfungsi untuk mengaturtenaga mesin dan  traksi pada roda depan untuk mencegah terjadinya selip akibat penyaluran tenaga mesin yang berlebihan.

Mesinnya sendiri masih seperti sebelumnya dengan kapasitas 1.5 liter berteknologi MIVEC (Mitsubishi Innovate Valve Timing Electronic Control System) DOHC 16 Valve berstandar Euro4. Mesin ini mampu menghasilkan output hingga 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk semakin meningkatkan efisiensinya, Mitsubishi menyematkan fitur baru Auto Stop & Go yang secara otomatis mematikan mesin saat menekan pedal rem dan berhenti beberapa saat, misalnya saat ketrika di lampu setopan lalu lintas, atau saat kondisi macet.

Mitsubishi New Xpander juga tetap nyaman ketika stop 'n go di jalan menanjak dan menurun, terlebih saat berhenti di atas permukaan jalan yang tidak datar berkat hadirnya fitur Brake Auto Hold. Parkir permanen pun jadi lebih mudah dan praktis dengan memanfaatkan fitur Electric Parking Brake.  (S-4)

BERITA TERKAIT