16 December 2021, 20:36 WIB

Bengkel Sahabat Daihatsu Bantu Tingkatkan Kualitas Pendidikan SMK 


Mediaindonesia.com | Otomotif

MI/NURTJAHYADI
 MI/NURTJAHYADI
Aktivitas para pelajar SMK di Bengkel Sahabat Daihatsu SMK Muhammadiyah Kutowinangun, Kebumen

SEBAGAI produsen otomotif yang tumbuh besar bersama masyarakat Indonesia, Daihatsu tidak pernah lupa tanggung jawab untuk turut berkontribusi dalam mendukung kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. 

Selain dalam hal bisnis, Daihatsu juga ingin sejalan dan berkembang bersama masyarakat untuk menjadi asset yang bermanfaat dan dapat berkontribusi kepada bangsa, salah satunya melalui komitmennya yang diwujudkan melalui program CSR (Corporate Social Responsibility) Daihatsu yang tertuang dalam 4 pilar yang terdiri dari Pintar, Sehat, Hijau, dan Sejahtera bersama Daihatsu..

Untuk mewujudkan pilar Pintar Bersama Daihatsu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sebagai salah satu bagian fundamental dalam mencerdaskan masyarakat, dan menuju sejahtera.

Pada Pilar Pintar, salah satu program yang diimplementasikan yakni fokus dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi pendidikan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) otomotif dengan poin pengembangan : Soft Skill, Hard Skill dan Pemenuhan Fasilitas.

Dalam mengembangkan Hard Skill baik bagi para guru dan murid SMK, tentu diperlukan sarana yang memadai, dan mendukung proses pembelajaran tersebut. Oleh karena itu menyediakan fasilitas Bengkel SMK Daihatsu yang dibagi dalam dua kategori, yaitu Bengkel Sekolah Daihatsu yang berfungsi hanya untuk pembelajaran, dan Bengkel Sahabat Daihatsu yang berperan sebagai tempat pembelajaran sekaligus menerima pelanggan.  

Dimulai dari tahun 2011 sampai saat ini sudah terdapat 12 Bengkel Sahabat Daihatsu di antara 398 SMK Binaan Daihatsu yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Malang dan Sumatra yang siap melayani kendaraan pelanggan Daihatsu.

Dalam acara bincang virtual yang digelar Daihatsu pada Kamis (16/12), perwakilan Kepala Sekolah  SMK NU Ma'arif Kudus Raditya Nugroho mengatakan terima kasih kepada Daihatsu yang telah membantu sekolah yang dipimpinnya menjadi sekolah berstandar industri.

"SMK NU Ma'arif telah bergabung pada Program Pintar Bersama Daihatsu sejak 2010. Pada 2016 sekolah kami berhasil menjadi Bengkel Sahabat Daihatsu yang sudah terlisensi dan terakreditasi langsung oleh PT Astra Daihatsu Motor," ujar Raditya.

Ia manambahkan, sejak saat itu sekolahnya terus mencetak prestasi. "pada 2017, sekolah kami menjadi perwakilan Indonesia dalam kompetisi bertaraf internasional, yaitu World Skill Competition untuk mata lomba Mobile Technology, dan pada 2019, akreditasi sekolah kami meningkat dari sebelumnya skor 92 menjadi 95," bangga Raditya.

Bahkan pada 2021, lanjutnya, sekolahnya mendapatkan apresiasi Astra bintang lima, menjadi yang terbaik untuk grup SMK binaan Astra. "Alhasil, animo pendaftar di sekolah kami juga cukup membanggakan dengan kenaikan 33%," imbuh Raditya.

Pasalnya, para pelajar lulusan sekolah kejuruan binaan Daihatsu umumnya sudah dipersiapkan untuk langsung bisa memasuki dunia kerja dalam hal ini adalah industri otomotif. Terlebih bagi pelajar yang memiliki prestasi menonjol.

“Kami berharap, program Bengkel Sahabat Daihatsu ini dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan, serta kompetensi SMK otomotif di Indonesia, sekaligus dapat berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” ujar Executive Coordinator Technical Service Division ADM  Bambang Supriyadi. (S-4)

BERITA TERKAIT