27 May 2021, 15:00 WIB

Toyota Supra Paul Walker Siap Dilelang


mediaindonesia.com | Otomotif

Barret-Jackson via Carscoops
 Barret-Jackson via Carscoops
.

Jika Anda iseng membuka situs balai lelang Barrett-Jackson, di situ terdapat daftar mobil-mobil klasik dan antik dengan kondisi yang sangat bagus. Salah satunya adalah mobil Toyota Supra buatan 1994. Sepintas tidak ada yang istimewa dengan mobil tersebut jika tidak mengetahui latar belakang mobil ini yang membuatnya menjadi sangat-sangat istimewa.

Bila Anda menggemari franchise Fast & Furious, tentu Anda akan seegera mengenali sosok Toyota Supra tunggangan almarhum aktor Paul Walker di episode pertama ini. Ya, betul. Inilah yang membuat Supra di Barrett-Jackson itu menjadi begitu istimewa.

Toyota Supra 1994 berwarna jingga lengkap dengan laburan stiker di bagian sisinya itu merupakan salah satu Supra yang digunakan oleh Paul Walker di film 'The Fast & the Furious' 2001, lengkap dengan sertifikat keasliannya.

Bodi luarnya dicat dengan warna Candy Orange Pearl dari Lamborghini Diablo dan hiasan grafis ikonis 'Nuclear Gladiator' di bagian sisi-sisinya. Mobil ini juga dilengkapi body kit Bomex, kap mesin bergaya TRD, Sayap belakang aluminium APR, dan pelek Dazz Motorsport Racing Hart M5 wheels berukuran 19 inci.

Biasanya mobil bekas shooting film mengabaikan estetika bagian interior, tetapi tidak dengan Supra yang satu ini. pasalnya adegan film ini juga kerap berada dalam kabin sehingga kondisinya pun mendapatkan perhatian khusus. 

Mulai dari indikator berbagai pengukuran aftermarket, roda kemudi, jok, hingga head unit terlihat berbeda dengan standar. Satu-satunya pemandangan yang tidak lazim ada pada bagian tuas transmisi manual tiruan, karena sejatinya mobil ini bertransmmisi otomatis.

Namun jangan harap Anda mendapatkan performa liar seperti milik tokoh Brian O'Connor dalam film tersebut karena spesifikasi mobil lelang ini semuanya dalam kondisi standar. Walaupun demikian tetap saja ini adalah Supra dengan mesin 6 silinder segaris Toyota yang legendaris 2JZ-GTE 3.0 liter dengan turbocharger ganda yang memiliki tenaga tak kurang dari 320 hp dengan torsi puncak 427 Nm bertransmisi otomatis 4-speed.

Dengan kata lain perormanya tidak bisa dibilang 'culun' untuk ukuran sebuah mobil standar lawas, bahkan untuk ukuran saat ini.

Mobil Brian O'Connor ini akan dilelang bulan depan oleh Barrett-Jackson pada 17-19 Juni 2021. Belum ada perkiraan berapa harga pembukaan penawarannya. Yang pasti tidak akan murah. (S-4)

BERITA TERKAIT