17 July 2023, 09:54 WIB

Musim Depan, James Kembali Gunakan Jersey Nomor 23


Basuki Eka Purnama | Olahraga

AFP/MATTHEW STOCKMAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
 AFP/MATTHEW STOCKMAN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
Bintang Los Angeles Lakers LeBron James

LEBRON James akan berganti nomor punggung dari 6 ke 23 di musimnya yang ke-21 di NBA. Hal itu diumumkan Los Angeles Lakers, Minggu (16/7) lewat media sosial.

Lakers mengatakan langkah James itu dilakukan sebagai penghormatan bagi mendiang legenda NBA Bill Russell, yang jersey nomor 6 miliknya dipensiunkan pada tahun lalu.

Pemain yang telah menggunakan jersey nomor 6, seperti James, sebenanrya diizinkan untuk terus menggunakan nomor itu.

Baca juga: Lakers Sebut James Berhak untuk Pensiun

James pun tetap menggunakan jersey nomor 6 sepanjang musim 2022-2023 sebagai penghormatan untuk Russell, juara NBA 11 kali dan peraih MVP NBA 5 kali. Namun, tahun ini, James memutuskan untuk menggunakan nomor yang berbeda.

Ini merupakan kali keempat James berganti nomor punggung di NBA. Dia kembali ke nomor punggung 23, nomor yang digunakan di awal kariernya dan beberapa kali selama dua dekade di NBA.

James mengenakan nomor punggung 23 di SMA dan kemudian kala dia mengawali karier di NBA bersama Cleveland Cavaliers.

Baca juga: LeBron James akan Pensiun, Benarkah?

Ketika dia hengkang dari Cavaliers dan bergabung dengan Miami Heat pada 2010, dia berganti nomor punggung menjadi 6 karena Heat telah memensiunkan nomor punggung 23 sebagai penghormatan untuk Michael Jordan.

Pada 2014, ketika James kembali ke Cavaliers, dia kembali mengenakan nomor punggung 23 hingga 2021, ketika dia kembali menggunakan nomor punggung 6 agar rekan setimnya di Lakers, Anthony Davis bisa mengenakan nomor 23, meski akhirnya Davis juga tidak menggunakan nomor 23.

James, yang mengenakan jersey nomor 6 ketika mencetak rekor jumlah poin tertinggi sepanjang masa NBA, musim lalu, Rabu (12/7), memastikan dirinya akan bermain di musim ke-21 di NBA.

Peraih empat gelar NBA dan empat MVP NBA itu akan berusia 39 tahun pada Desember mengatakan dia ingin bermain di NBA bersama putranya, Bronny James, yang berpeluang besar masuk draft NBA pada tahun depan. (AFP/Z-1)

BERITA TERKAIT