05 June 2023, 14:45 WIB

Tensi Panas Bakal Selimuti Duel Sabalenka dan Svitolina


Dhika Winata | Olahraga

AFP
 AFP
Petenis Aryna Sabalenka dan Elina Svitolina yang akan bertanding di perempat final Prancis Terbuka 2023.

PETENIS putri peringkat dua dunia Aryna Sabalenka melaju ke perempat final Prancis Terbuka 2023. Laga perempat final yang bergulir, Selasa (6/6), akan sarat tensi panas karena petenis Belarusia itu bertemu dengan petenis Ukraina, Elina Svitolina. Konfrontasi tingkat tinggi digadang-gadang bakal terjadi mengingat sikap keduanya sepanjang turnamen.

Sabalenka mengalahkan wakil Amerika Serikat, Sloane Stephens, dengan 7-6 (7/5), 6-4 pada laga putaran keempat, Senin (5/6). Ini untuk pertama kalinya dia mencapai delapan besar di Roland Garros.

Bentrokan antara Sabalenka dan Svitolina akan menjadi yang pertama sejak invasi Rusia ke Ukraina. Seperti diketahui, Belarusia merupakan sekutu militer utama Moskow.

Baca juga: Melaju ke Perempat Final Prancis Terbuka, Sabalenka Boikot Media

Di Roland Garros, Svitolina sudah dua kali melawan petenis Rusia dan selalu menolak untuk berjabat tangan usai laga  sebagai bentuk protes atas perang tersebut.

Di sisi lain, Sabalenka juga melewati petenis Ukraina, Marta Kostyuk, di babak pembukaan pekan lalu. Kostyuk juga tidak mau bersalaman dengan Sabalenka seusai pertandingan.

Sabalenka diputuskan tidak akan tampil pada konferensi pers pasca pertandingan di Roland Garros usai memboikot jumpa pers terjadwal terakhirnya pada setelah laga babak ketiga.

Baca juga: Novak Djokovic Berjuang dengan Cedera di Prancis Terbuka

Dia mengaku tidak merasa aman ketika ditanyai tentang perang dan hubungannya dengan presiden Belarusia Alexander Lukashenko.

Setelah dua ronde pertamanya, Sabalenka sempat dihujani pertanyaan soal sikap pribadinya tentang perang serta pandangannya terkait sikap pemerintah Belarusia kemudian menolak menjawabnya.

Di sisi lain, Svitolina berkukuh akan tetap menolak jabat tangan ketika berlaga melawan pemain Rusia.

"Saya telah memainkan dua pertandingan terakhir melawan pemain Rusia jadi itu tidak akan berubah, semuanya akan sama," katanya. Jadi saya sudah terbiasa dan (sikap) itu akan sama," ucap Svitolina.

(AFP/Z-9)

BERITA TERKAIT