29 May 2023, 19:08 WIB

Christian Adinata Cedera Cukup Parah


Dhika Kusuma Winata | Olahraga

MI/RAMDANI
 MI/RAMDANI
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Christian Adinata.

PEMAIN tunggal putra Indonesia Christian Adinata mendapat cedera cukup parah dari ajang Malaysia Masters 2023. Ketua Bidang Medis PP PBSI Nicolaas C Budhiparama menyatakan Christian perlu tindakan untuk proses penyembuhan karena daei hasil pemeriksaan didapati ligamen pada lututnya robek.

"Dari hasil MRI, cedera lututnya memang cukup parah. Ligamen tempurung robek. Selain itu juga ada memar tulang bagian lutut dan cartilage defect pada tulang lutut," ujar Nicolaas, Senin (29/5).

Christian mendapat cedera ketika tampil di babak semifinal Malaysia Masters. Cedera akan membuatnya menepi selama beberapa pekan.

Baca juga: Alami Cedera, Christian Adinata Terhenti di Semifinal

"Siang ini, darah beku di bagian lutut dievakuasi dulu. Lalu, sebagai bagian penyembuhan, dalam tiga minggu ke depan, lutut Christian tidak boleh ditekuk dahulu," imbuh Nicolaas.

Pada pertandingan Sabtu (27/5) lalu melawan wakil India, Prannoy HS, Christian mundur pada gim pertama. Christian sempat tertinggal jauh di interval 1-11 namun kemudian bangkit menyamakan kedudukan 17-17.

Baca juga: Christian Adinata dan Gregoria Tunjung Maju ke Semifinal Malaysia Masters. Selamat!

Hanya saja, dia harus mengakhiri laga lebih cepat karena mengalami cedera lutut ketika tumpuannya kurang baik usai melakukan smash keras. Laga pun berakhir 17-19 dan Christian terpaksa meninggalkan lapangan dengan kursi roda.

Penampilan di Malaysia Masters menjadi torehan tersendiri bagi Christian yang melakoni turnamen dari babak kualifikasi. Untuk pertama kali di ajang Super 500 dia mampu melanju ke perempat final kemudian menembus empat besar. (PBSI/Z-6)

BERITA TERKAIT