27 April 2023, 06:47 WIB

Dorna Resmi Hapus Kazakhstan dari Kalender MotoGP


Andhika Prasetyo | Olahraga

AFP?Toshifumi Kitamura
 AFP?Toshifumi Kitamura
Ilustrasi

MotoGP Kazakhstan yang dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Internasional Sokol pada 9 Juli resmi dibatalkan. Keputusan tersebut diambil karena sejumlah proses pengerjaan di lintasan anyar itu hingga saat ini masih belum rampung.

"Pengerjaan homologasi yang masih berlangsung di sirkuit, ditambah dengan tantangan operasional global, telah menyebabkan pembatalan ajang balap 2023 tersebut," tulis Dorna dalam pernyataan resminya.

Kazakhstan pada September tahun lalu telah meneken kontrak berdurasi lima tahun untuk menggelar balap MotoGP. Balapan perdana di negara tersebut seharusnya menjadi seri kesembilan, setelah agenda di Assen, Belanda.

Baca juga: Marc Marquez Dipastikan Absen di GP Spanyol

Kendati ada satu jadwal balap yang dibatalkan, Dorna tidak akan menunjuk sirkuit lain untuk mengisi kekosongan tersebut. Pemegang hak komersial MotoGP itu berharap Sirkuit Internasional Sokol bisa rampung dan siap untuk menggelar Grand Prix pada tahun depan.

MotoGP diketahui sedang memperluas kehadirannya dengan merambah pasar-pasar baru yang potensial di Asia. Selain Kazakhstan, India juga bakal debut menggelar balap pada September mendatang di Sirkuit Internasional Buddh.

Baca juga: Bastianini Harus Jalani Tes Medis Sebelum Tampil di GP Spanyol

Indonesia dengan Sirkuit Mandalika bahkan sudah masuk kalender MotoGP sejak tahun lalu. (Ant/Z-11)

BERITA TERKAIT