22 March 2023, 04:45 WIB

Eko Yuli dan Nurul Akmal Sesuaikan Latihan Saat Puasa Ramadan


Basuki Eka Purnama | Olahraga

ANTARA/Zabur Karuru
 ANTARA/Zabur Karuru
Lifter Indonesia Eko Yuli Irawan

DUA atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan dan Nurul Akmal, mengatakan akan tetap berpuasa di bulan Ramadan namun melakukan penyesuaian latihan, terutama menjelang SEA Games 2023 di Kamboja.

"Pelatih tidak memaksa. Yang pasti program terus berjalan. Kalau saya sendiri, (puasa) kan cuma beda jam makan. Kalau multivitaminnya diminum juga pasti semuanya akan berjalan lancar," kata Eko saat dijumpai di Pelatnas angkat besi di Jakarta, Selasa (21/3).

Untuk persiapan SEA Games, Eko mengatakan sudah mencapai 90%. Ia mengaku yakin dengan semua program latihan yang dilakukan menjelang pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara itu.

Baca juga: Tiga Lifter Peraih Medali di Kejuaraan Dunia 2022 Tiba di Tanah Air

"Persiapannya sudah 90%, mudah-mudahan semua lancar di SEA Games nanti. Angkatannya sudah siap, tinggal matangkan lagi. Mudah-mudahan kita semua dalam kondisi baik dan tidak cedera," ujar atlet asal Lampung tersebut.

Sementara itu, Nurul Akmal mengatakan dirinya juga akan menyesuaikan kewajiban berpuasa dengan latihan yang akan ia lakoni sebagai persiapan SEA Games hingga Olimpiade 2024 di Paris, Prancis.

ANTARA/Aditya Pradana Putra--Lifter Indonesia Nurul Akmal

"Tetap (berpuasa). Tapi latihan akan dikondisikan dengan beban angkatannya, yang penting rutin dan tidak dipaksa. Di SEA Games yang penting tetap bertahan," kata atlet yang akrab disapa Amel itu.

Baca juga: Rahmat Erwin Abdullah Juara Dunia, Rizki Juniansyah Raih Perak

"Tidak ada pengurangan latihan (saat berpuasa). Tapi mungkin jamnya dipercepat atau mundur," tambah atlet asal Aceh tersebut.

Lebih lanjut, Amel mengatakan dia cukup yakin dengan peluang untuk meraih medali di SEA Games. Dia juga mengaku tidak sabar berkompetisi di Kejuaraan Dunia Angkat Besi (WWC) 2023, yang akan digelar di Riyadh, Arab Saudi, September mendatang.

"Kalau SEA Games lawannya hanya di Asia Tenggara saja, tapi di Kejuaraan Dunia ada (pesaing) dari Eropa, Amerika, dan negara-negara lain seperti Tiongkok dan Thailand yang juga kuat," ujar Amel.

"Persiapannya sudah dari sekarang. Target di Kejuaraan Dunia adalah untuk memperbaiki posisi untuk Olimpiade," pungkasnya. (Ant/Z-1)

BERITA TERKAIT